alexametrics

Japek Elevated Jadi MBZ, Dubes: Agar Hubungan Lancar Seperti Jalan Tol

14 April 2021, 11:01:54 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Indonesia sudah meresmikan pergantian nama Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated, menjadi Jalan Layang MBZ (Mohamed Bin Zayed) pada Senin (12/4) lalu. Adapun, Sheikh Mohamed Bin Zayed merupakan Putra Mahkota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab (UEA), Husin Bagis menuturkan, perubahan nama ini jelas merupakan bentuk harapan agar hubungan UEA-Indonesia lancar seperti jalan tol. Terkait dengan isu adanya investasi UEA di jalan tol tersebut, ia menegaskan hal ini tidak benar.

“Konsep di balik pemilihan tol Japek ini adalah suatu simbol harapan agar hubungan RI-UAE semakin lancar seperti jalan tol dan ke depannya apapun kerjasama antara kedua negara dapat terus meningkat karena jalannya (tol) bertingkat,” jelas dia kepada JawaPos.com, Rabu (14/4).

Jalan tol sepanjang 36,84 kilometer ini dipilih juga dengan alasan masa operasi yang masih baru. Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol tersebut pada 12 Desember 2019.

“Itu juga salah satunya dasar pemilihan jalan tersebut yang dinamai dengan nama MBZ,” imbuhnya.

Husin juga menambahkan, tol layang yang dibangun di atas ruas tol Jakarta-Cikampek ini merupakan penghargaan sekaligus memperkuat hubungan bilateral atau diplomatik antara UEA dengan Indonesia.

“Dalam berdiplomasi, kita sering menggunakan pesan-pesan yang tidak tersurat, namun demikian, pada prinsipnya dapat dipahami bahwa pemilihan japek ini adalah karena setinggi itulah penghargaan kita kepada UAE,” pungkasnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:





Close Ads