alexametrics

BJ Habibie Berpulang, Zulhas Hingga Yusril Kehilangan Guru Bangsa

11 September 2019, 22:02:50 WIB

JawaPos.com – Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie tutup usia pada umur 83 tahun di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9). Sejumlah tokoh nasional turut melayat ke RSPAD di antaranya Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua Fraksi Demokrat Edhi Baskoro Yudhoyono hingga mantan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Yusril Ihza Mahendra. Sebelumnya Presiden Joko Widodo juga melayat langsung ke RSPAD.

Ketua MPR Zulkifli Hasan menyampaikan, Indonesia kembali kehilangam tokoh nasional. Menurutnya, BJ Habibie merupakan sosok negarawan dan guru bangsa.

“Bangsa Indonesia kehilangan tokoh negarawan, guru kita, inspirasi kita, ayah kita pada hari ini,” kata Zulhas di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9).

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu menyebut, dirinya bersama rombongan telah mengagendakan untuk menjenguk BJ Habibie usai salat Maghrib. Namun, secara tiba-tiba telah mendapat kabar bahwa BJ Habibie tutup usia.

“Saya tadi sudah bersama rombongan teman-teman mau takziah, habis Maghrib rencananya. Tapi dapat berita dalam perjalanan, beliau sudah meninggalkan kita,” ucap Zulhas.

Zulhas pun turut mendoakan BJ Habibie agar perancang pesawat N-250 itu dapat diterima amal ibadahnya. “Saya doakan Pak Habibie diterima amal salehnya dan ditempatkan terbaik oleh Allah SWT,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Demokrat Edhi Baskoro Yudhoyono alias Ibas mengucapkan rasa berbela sungkawa atas meninggalnya Presiden ketiga RI BJ Habibie. Menurutnya, Habibie telah tenang menyusul istri tercinta Ainun Habibie dan ibundanya, Ani Yudhoyono.

“Saya yakin almarhum BJ Habibie akan bertemu dengan almarhumah Ibu Ainun dan saya doakan di dalamnya bertemu dengan almarhumah Ibu Ani Yudhoyono,” ujar Ibas.

Putra bungsu Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono itu mendoakan agar keluarga besar BJ Habibie dapat diberikan ketabahan. Dia pun mendoakan Habibie dapat diterima amal ibadahnya.

“Pengalaman beliau dan seluruh amal ibadah selama di dunia akan dikenang oleh seluruh masyarakat Indonesia,” ucap Ibas.

Presiden ke-3 RI, BJ Habibie, wafat di RSPAD pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB (Kokoh Praba/JawaPos.com)

Senada dengan Zulhas dan Ibas, mantan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia, Yusril Ihza Mahendra menyatakan telah mengenal lama sosok mendiang BJ Habibie. Yusril menyebut, saat itu BJ Habibie sempat menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi (Menristek).

“Bagi saya pribadi, Pak Habibie begitu banyak sekali kenangan, saya masih muda sekali waktu itu kenal beliau sebagai Menristek,” ujar Yusril.

Bahkan, menurutnya saat Presiden kedua RI Soeharto hendak lengser dari jabatannya, Yusril turut membantu mengurusi pergantian dari Soeharto ke BJ Habibie. Dia mengaku mengenal dekat dengan mendiang BJ Habibie.

“Sangat dekat dengan beliau, apalagi terakhir waktu Presiden Soeharto menjabat dan akan mengundurkan diri, waktu itu saya berada di sekitar Pak Soeharto mengurusi bagaimana proses pergantian presiden dari Pak Harto ke Pak Habibie,” urai Yusril.

Oleh karena itu, Yusril menyebut merasa kehilangan sosok BJ Habibie. Dia meminta masyarakat turut mendoakan perancang pesawat N-250 itu.

“Saya betul-betul merasakan kehilangan dan berduka cita. Bagi seluruh rakyat Indonesia saya mohon untuk mendoakan beliau dan sama-sama menaikkan bendera merah putih setengah tiang untuk menghormati wafatnya Bapak BJ Habibie,” pungkas Yusril.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Muhammad Ridwan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads