alexametrics

Pengamat Sebut Sosok Ini Calon Kuat Penerus Tongkat Estafet KSAL

11 Juni 2021, 10:36:37 WIB

JawaPos.com – Pengamat Pertahanan dan Keamanan sekaligus dosen Pengkajian Strategis Hubungan Internasional UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Robi Sugara, menyebut Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono calon kuat menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). Saat ini kursi KSAL masih diduduki oleh Laksamana TNI Yudo Margono.

Robi mengatakan pucuk pimpinan di matra angkatan laut bakal mengalami perombakan. Diawali dengan pensiunnya Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Pensiunnya Hadi, kemungkinan besar bakal diisi oleh KSAL Laksamana Yudo Margono.

“Meski keputusan sosok Panglima TNI pada akhirnya ada di tangan Presiden, tetapi pemilihan Yudo sebagai Panglima TNI adalah keputusan yang tepat,” ungkap Robi di Jakarta, Jumat (11/6).

Kekosongan kursi KSAL tersebut bisa diisi oleh Ahmadi Heri Purwono yang saat ini menjabat sebagai Wakil KSAL (Wakasal).

Robi menekankan bahwa naiknya Wakasal memjadi KSAL harus menjadi tradisi. Tujuannya untuk mengurangi persaingan yang tidak sehat di tubuh TNI. “Jadi ketika kepala stafnya naik jabatan atau turun, maka wakilnya yang akan naik,” ungkapnya.

Robi juga menilai sosok Wakasal Ahmadi Heri Purwono cukup bagus. Dia pernah menduduki posisi di Ditjen Perencanaan Pertahanan Kementrian Pertahanan. “Ini nantinya memudahkan gerak langkahnya yang ada kaitan koordinasi dan pengambilan keputusan bersama jajaran Kemenhan,” ujar dia.

Ahmadi Heri Purwono adalah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-33 tahun 1988. Selama berkiprah di TNI AL, dia telah berpengalaman menjabat dalam posisi strategis. Seperti menjadi Komandan Pangkalan di beberapa wilayah Indonesia. Antara lain sebagai Komandan Pangkalan TNI AL Balikpapan dan Komandan Pangkalan Utama TNI AL VIII Manado.

Selain itu, dia juga pernah menjabat Kepala Staf Koarmada I, lalu menjabat Panglima Kolinlamil dan lanjut menjabat sebagai Panglima Koarmada I sampai kemudian menjadi Wakasal.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Hilmi Setiawan

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads