alexametrics

Banjir Bandang Terjang Flores Timur Puluhan Orang Meninggal

Puluhan Orang Meninggal
5 April 2021, 12:04:15 WIB

JawaPos.com – Banjir bandang melanda empat kecamatan di Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), kemarin (4/4).

Yakni, Kecamatan Ile Boleng, Adonara Timur, Wotan Ulumado, dan Adonara Barat.

Desa-desa yang terdampak banjir, antara lain, Nelelamadike di Kecamatan Ile Boleng, Kelurahan Waiwerang yang merupakan ibu kota kecamatan di Adonara Timur, dan Desa Waiburak.

Kemudian, Desa Oyang Barang dan Pandai di Kecamatan Wotan Ulumado serta Desa Waiwadan dan Duwanur di Kecamatan Adonara Barat.

Sebelumnya, hujan lebat melanda kawasan tersebut sejak Minggu sekitar pukul 01.00 Wita. Kapusdatinkom BNPB Raditya Jati mengungkapkan, memang ada potensi hujan lebat di wilayah Flores. Sesuai dengan peringatan BMKG, potensi itu ada pada dasarian I–III April 2021. Apalagi, ada dampak dari bibit siklon tropis 99S di sekitar wilayah perairan Laut Sawu, NTT. Kondisi tersebut diperkirakan masih berlanjut sampai hari ini.

Berdasar prakiraan cuaca berbasis dampak (impact-based forecast) yang dirilis BMKG kemarin sore (4/4), angin kencang dan hujan akan terjadi hari ini dan besok (6/4). Dalam prakiraan tersebut, NTT dinyatakan berada dalam status siaga.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : tau/mia/c19/c7/oni



Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads