Ahli Ungkap 3 Tips Hidup Lebih Sehat dengan Gizi Seimbang

25 Januari 2023, 06:10:55 WIB

JawaPos.com – Setiap individu saat ini mulai diperkenalkan kampanye pedoman makan dengan konsep Isi Piringku. Artinya, setiap kali makan, menu pada piring harus terdiri dari gizi seimbang seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Dalam rangka Hari Gizi Nasional, ternyata masyarakat tercarat mulai menyadari untuk mengonsumsi nutrisi yang seimbang. Hal itu terlihat dari penjualan makanan dan minuman (makmin) sehat semakin diburu masyarakat secara online.

“Jus lemon, biji-bijian seperti chia, granola, madu hingga sereal menjadi beberapa makmin sehat yang paling laris sepanjang 2022,” ujar Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam konferensi pers, Selasa (24/1).

Salah satu UMKM lokal industri makanan minuman sehat kini semakin laris. Misalnya Loka Padang (Jakarta) dan Rumah Mocaf (Banjarnegara) adalah memberikan tips pemenuhan gizi nasional dan ketahanan kesehatan masyarakat.

“Berbagai olahan masakan khas Nusantara berbahan dasar nabati tetap sehat dan bergizi dengan tidak menggunakan MSG, perasa, pewarna dan pengawet,” jelas Irene Umar dari Loka Padang.

Makanan sehat lainnya misalnya seperti modified cassava flour (mocaf) bebas gluten yang diolah menjadi berbagai makanan yang lebih sehat. Misalnya, mie, cookies dan masih banyak lagi.

Dokter Gizi, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK membagikan tiga tips mudah menerapkan pola gizi seimbang. Ketiga tips itu termasuk apa yang dikampanyekan oleh Kementerian Kesehatan yakni Isi Piringku :

1. Utamakan sumber bahan pangan lokal

Berdayakan dahulu sumber bahan makanan yang ada di sekitar kita dan mudah dicari sehari-hari. Misalnya, banyak sekali sumber karbohidrat yang mudah ditemukan di Indonesia selain nasi, misalnya umbi-umbian atau makanan berbahan singkong.

“Contoh sumber pangan lokal yang bisa dimanfaatkan masyarakat adalah modified cassava flour (mocaf) bebas gluten,” jelas dr. Juwalita.

2. Batasi Gula, Garam, dan Minyak

Agar pola makan lebih seimbang, perhatikan asupan serat terutama dari sayur dan buah. Batasi gula, garam dan minyak, serta rajin memantau berat badan.

“Pastikan mengonsumsi makanan dalam kadar seimbang, yakni antara sumber energi, lauk pauk, sayuran dan buah,” tambah dr. Juwalita.

3. Perbanyak protein hewani atau nabati

Menurut Kemenkes RI, standar angka kecukupan protein bagi masyarakat Indonesia adalah 60 gram per hari untuk perempuan dan 65 gram per hari bagi laki-laki. Protein diperlukan tubuh untuk mengganti sel-sel yang rusak.

“Indonesia terkenal dengan sumber protein nabati, mulai dari tahu, tempe, kacang-kacangan dan lain-lain,” tutup dr. Juwalita.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads