alexametrics

10 Jenis Makanan yang Mengandung Kalsium untuk Kebutuhan Harian

18 Januari 2021, 19:20:24 WIB

JawaPos.com – Jika membicarakan soal kalsium, pastinya ingatan akan tertuju langsung pada susu, kan? Tidak salah memang, karena susu sudah sejak lama populer sebagai minuman bergizi lengkap dan tinggi kalsium. Itulah mengapa dari kita masih bayi bahkan hingga berusia lanjut, mengonsumsi susu sangatlah direkomendasikan. Tentunya agar mampu mencukupi kebutuhan kalsium harian.

Tapi, tahukah kamu, jika mineral kalsium tak cuma ditemukan dalam susu saja? Ternyata nutrisi juga ditemukan dalam berbagai jenis makanan lainnya, hal ini tentu bisa jadi alternatif pilihan bagi mereka yang menderita intoleransi laktosa atau alergi susu. Berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung kalsium lainnya yang tidak kalah dengan susu.

Daftar Makanan yang Mengandung Kalsium
Inilah daftar makanan yang mengandung kalsium selain susu. Dengan begitu, kamu dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian kamu dengan mudah.

1. Bayam
Siapa yang menyangka jika bayam termasuk salah satu makanan yang mengandung kalsium? Sayuran berdaun hijau yang tinggi serat ini ternyata mampu menyumbang kebutuhan kalsium hingga 200 mg kalsium. Terlebih lagi jika kamu mengonsumsi sayuran ini secara rutin.

2. Kedelai
Siapa sih yang tidak kenal dengan jenis kacang yang sering kita temui ini. Selain menjadi sumber protein, ternyata kedelai juga kaya akan kandungan kalsium yang bisa dibilang cukup tinggi. Dalam secangkir bayam, bisa mengandung kalsium hingga 261 mg.

3. Keju
Selanjutnya, ada keju yang juga kaya akan kandungan kalsium. Produk dari olahan susu yang satu ini bahkan bisa menjadi alternatif pilihan bagi mereka yang menderita alergi terhadap protein susu. Kamu bisa mencampurkan keju di berbagai olahan menu makanan setiap hari supaya kebutuhan kalsium harian bisa terpenuhi.

4. Jeruk
Lebih dikenal sebagai makanan yang kaya akan kandungan vitamin C, nyatanya jeruk juga termasuk salah satu makanan yang mengandung kalsium. Di dalam buah jeruk, setidaknya terdapat kandungan kalsium sekitar 65 mg. Jadi, kamu bisa memperoleh kalsium tidak hanya dari susu, tapi juga dari buah jeruk.

5. Ikan salmon
Menjadi primadona hidangan berkelas, ikan salmon ternyata tidak hanya kaya akan kandungan protein saja, tapi juga kalsium yang cukup tinggi. Per 300 gram ikan salmon, terdapat kandungan kalsium hingga 181 mg.

6. Alpukat
Buah yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit dan kerap masuk dalam menu diet ini ternyata juga mengandung kalsium. Jadi, jangan remehkan buah yang satu, karena kamu juga bisa mendapatkan asupan lemak sehat dari alpukat jika rutin mengonsumsinya.

7. Ikan sarden
Populer dijual sebagai makanan kaleng, ikan sarden nyatanya juga kaya akan kandungan kalsium. Karena jumlahnya yang cukup tinggi, mengonsumsi jenis ikan ini bahkan diklaim mampu memenuhi kebutuhan kalsium harian tubuh hingga 30 persen. Menarik, bukan?

8. Susu kedelai
Jenis susu yang satu ini kerap direkomendasikan untuk menggantikan susu sapi. Terutama pada mereka yang menderita intoleransi susu sapi. Minuman yang terbuat dari ekstrak kacang kedelai yang satu ini nyatanya tidak kalah bernutrisi dengan produk dari susu sapi. Setiap cangkir susu kedelai mengandung sekitar 300 mg kalsium.

9. Oatmeal
Oatmeal kaya akan serat dan gampang dipadukan dengan bahan makanan lainnya sebagai menu sarapan pagi. Selain itu, bahan makanan yang mengandung kalsium tinggi ini juga sangat bagus untuk dikonsumsi. Mengonsumsi oatmeal pun bagus untuk kesehatan jantung dan jadi menu diet sehat. Dalam semangkuk oatmeal, setidaknya terdapat kandungan kalsium hingga 105 mg.

10. Biskuit
Meskipun kelihatannya tidak bergizi, nyatanya biskuit juga termasuk makanan yang mengandung kalsium. Tentunya, konsumsi biskuit juga sangat baik untuk tubuh. Pasalnya, dalam proses pengolahannya, biskuit juga diperkaya dengan campuran susu dan bahan pangan lainnya sehingga di dalamnya juga terdapat kandungan kalsium yang cukup baik untuk tubuh asalkan dikonsumsi dengan bijak.

Nah, itulah tadi beberapa jenis makanan yang mengandung kalsium yang bisa kamu temukan di sekitar kamu. Jadi, selain susu, kamu bisa mendapatkan asupan kalsium dari makanan-makanan tersebut. Tentunya, mengonsumsi makanan yang seimbang akan membantu kamu mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk tubuh.

Penuhi juga kebutuhan kalsium harian kamu dengan mengonsumsi suplemen kalsium, seperti Cataro dari Pyfa Health. Cataro adalah suplemen yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D, serta membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada ibu hamil, menyusui, wanita yang sudah memasuki masa menopause, serta lanjut usia. Yuk, cek produknya sekarang!

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads