alexametrics

Wako Pariaman: Turis Tiongkok ke Daerah Kami Bersih dari Virus Korona

27 Januari 2020, 11:05:13 WIB

JawaPos.com – Kedatangan ratusan wisatawan asal Tiongkok ke Sumatera Barat mendapat sorotan dari publik. Pasalnya, di Negeri Tirai Bambu itu tengah terjangkit wabah 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) atau disebut juga virus korona.

Di Sumbar, para wisatawan asal Tiongkok itu mengikuti sejumlah kegiatan wisata di berbagai kabupaten kota. Salah satunya ke Kota Pariaman. Wali Kota Pariaman Genius Umar memastikan wisatawan asal Tiongkok itu bersih dari virus korona. Sebab, sebelum mereka tiba di Sumbar, para turis asal Tiongkok itu sudah diperiksa di otoritas bandara. Baik bandara di Tiongkok maupun Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

“Mereka yang datang ke daerah kami aman dan bersih dari virus korona,” ujar Wali Kota Pariaman Genius Umar kepada JawaPos.com, Senin (27/1).

Adapun wisatawan asal Tiongkok yang berada di Sumbar itu berjumlah 174 orang. Mereka berangkat dari Kunming, Tiongkok. Tiba di BIM pada Minggu (26/1), pukul 06.36 WIB. Tidak hanya itu, para wisman tersebut disambut langsung oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Dalam agendanya, para wisatawan itu berada selama lima hari di Sumatera Barat.

Genius Umar menegaskan, untuk kebijakan larangan orang masuk ke daerah merupakan otoritas dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Makanya, Pemko Pariaman tidak membuat kebijakan soal larangan WN Tiongkok masuk ke wilayahnya. Meskipun di Tiongkok, khususnya Kota Wuhan, tengah terjangkit virus korona. “Kita percayakan kepada otoritas-otoritas terkait untuk membuat kebijakan dan memverifikasi mereka,” ujar Genius. Dia meminta sejumlah pihak agar tidak latah dalam menyikapi sebuah isu.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menyikapi kedatangan WN Tiongkok berwisata ke Sumbar, Minggu (26/1). Untuk memastikan kebijkan daerah terhadap antisipasi virus korona yang kemungkinan dibawa WN Tiongkok itu, Nasrul Abit baru membuat sikap dengan menggelar rapat pada Minggu malam. Sayang hasil dari rapat itu Nasrul Abit belum memberikan keterangan.

Saat dihubungi JawaPos.com, Nasrul Abit belum memberikan respons. Kepala Biro Humas Sumbar Jasman pun tidak memberikan respons.

Editor : Ilham Safutra


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads