JawaPos Radar

Setelah Harimau Benggala, Medan Zoo Tunggu Kelahiran Anak Si Manis

25/07/2018, 14:51 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Harimau Benggala
Dua Harimau Benggala yang lahir di Medan Zoo, Kamis (12/7). (dok. Medan Zoo for JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Setelah kelahiran Harimau Benggala di Kebun Binatang Medan (Medan Zoo), kini giliran induk Harimau Sumatera yang akan melahirkan. 

Dari sembilan ekor Harimau Sumatera yang ada di Medan Zoo, ada seekor betina yang sedang hamil. Hewan bernama latin Panthera Tigris Sumatrae itu diperkirakan akan lahir dalam waktu dekat. 

"Ini tinggal menunggu waktunya saja, semoga kelahirannya lancar," kata Dokter Hewan Medan Zoo Sucitrawan, Rabu (25/7). 

Harimau bernama Si Manis itu sudah mengandung sekitar 115 hari. Si Manis juga sudah diletakkan di dalam kandang khusus untuk menunggu kelahirannya. Dari berbagai sumber menyebut biasanya fase kehamilan Harimau Sumater adalah 103 hari.

Dalam sekali reproduksi, biasanya Harimau Sumatera akan melahirkan dua atau tiga ekor sekaligus. Bahkan paling banyak bisa sampai enam ekor anakan. Dalam delapan minggu pertama, anak harimau hanya mengkonsumsi susu dari induknya. 

Sementara itu, Direktur Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Kota Medan Putrama Alkhairi menyebut, di Medan Zoo ada kelahiran Harimau Sumatera dan Harimau Benggala. Artinya ada penambahan populasi harimau di sana setiap tahunnya. 

"Ini menepis kalau Harimau di sini tidak sehat, tidak terawat dan kurus-kurus," katanya. 

Lebih jauh lagi, Putrama mengatakan terus berupaya memperbaiki kualitas dari Medan Zoo. Dia tidak menampik masalah dana menjadi kendala. Karena tidak ada penyertaan modal dari pemerintah untuk membangun Medan Zoo.

"Dibandingkan ragunan, banyak pembiayaan, APBD, masuk, karcis dan CSR. Kalau kita, APBD tidak masuk. CSR-nya juga skala kecil," tandasnya. 

Hingga saat ini, di Medan Zoo terdapat sembilan ekor Harimau Sumatera. Diantaranya ada yang berasal dari Kebun Binatang Ragunan. 

(pra/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up