JawaPos Radar | Iklan Jitu

10 Kepala Daerah di Ranah Minang Deklarasi Dukung Jokowi

18 September 2018, 21:49:21 WIB | Editor: Yusuf Asyari
10 Kepala Daerah di Ranah Minang Deklarasi Dukung Jokowi
Enam dari 10 bupati/walikota di Sumbar mendeklarasikan diri mendukung Presiden Jokowi di loby Inna Muara Hotel Padang, Selasa (18/9) malam. Mereka berharap Jokowi terpilih kembali dan melanjutkan pembangunan. (Riki Chandra/JawaPos.com)
Share this

Jawapos.com - Enam kepala daerah di Sumatera Barat (Sumbar) akhirnya resmi mendeklarasikan dukungan terhadap Capres Joko Widodo. Hal itu ditegaskan para bupati dan wali kota di lobi Inna Muara Hotel, Selasa (18/9) malam. Sebelumnya, mereka membantah upaya adanya penggalangan dukungan.

Keenam kepala daerah itu masing-masing Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, dan Wali Kota Solok Zul Elfian.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan, sebetulnya ada 10 kepala daerah yang juga menyatakan dukungan kepada Jokowi. Empat kepala daerah lainnya adalah Bupati Solok, Bupati Mentawai, Bupati Tanah Datar, dan Wali Kota Bukittinggi.

10 Kepala Daerah di Ranah Minang Deklarasi Dukung Jokowi
Capres Joko Widodo dan Cawapres KH Ma'ruf Amin (Kokoh/JawaPos.com)

"Semua sudah menyatakan sikap dengan surat dukungan kepada presiden. Dan saya dititahkan mewakili untuk memberikan keterangan dukungan kepada Bapak Jokowi," kata Sutan Riska Tuanku Kerajaan kepada puluhan awak media di Kota Padang.

Menurut Sutan Riska, dukungan tersebut mengalir bukan tanpa alasan. Sebab, kepala daerah merasakan betul pembangunan. Presiden memberikan perhatian khusus pada daerah di Sumbar dan Indonesia secara umum.

"Berbagai program pembangunan sudah kami rasakan. Kami ingin pemerintahan dilanjutkan oleh Pak Presiden Jokowi," kata politikus PDI Perjuangan itu.

Senada, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin mengaku juga merasakan dukungan pemerintah pusat terhadap pembangunan daerah. "APBD kita terbatas dan dominan butuh bantuan pusat. Saya sangat mendukung beliau melanjutkan pembangunan," kata Yuswir.

"Pak Jokowi mampu membawa Indonesia ke arah yang lebih baik," sambung Wali Kota Solok Zul Elfian yakin Jokowi mendukung pembangunan di semua sektor.

Begitu juga Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, dan Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni. Mereka kompak menjawab salah satu pendorongnya mendukung kembali Presiden Jokowi karena bentuk perhatiannya terhadap daerah Sumbar dengan kucuran anggaran pembangunan.

"Kita cocok, kita senang, kita suka dengan Presiden Jokowi. Karena Indonesia sudah harum di mata internasional. Dia bisa membawa Indonesia menjadi bangsa luar biasa," sebut Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi.

Sebelumnya, sejumlah kepala daerah di Sumbar dikabarkan menggalang dukungan untuk mendukung Joko Widodo - Ma'ruf Amin usai pelantikan wali kota dan wakil wali kota Sawahlunto periode 2028-2023 di kantor Gubernur Sumbar, Senin (17/9).

Informasi yang dihimpun JawaPos.com menyebutkan, ada 12 bupati/wali kota di Sumbar yang akan menandatangi surat pernyataan sikap mendukungan capres petahana Jokowi. Dari 12 kepala daerah tersebut, beberapa di antaranya disebut-sebut sudah menandatangani dukungan.

(ce1/rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up