JawaPos Radar

Lingkari Tugu Malang, Ratusan Orang Bentangkan Bendera Raksasa

15/08/2018, 21:27 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Lingkari Tugu Malang, Ratusan Orang Bentangkan Bendera Raksasa
RAKSASA: Bendera merah putih berukuran besar dibentangkan sekeliling Tugu Malang (belakang). (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ada pemandangan berbeda di bundaran Tugu Kota Malang. Monumen yang berada di tengah alun-alun bundar itu dilingkari oleh bendera merah putih raksasa dengan ukuran sekitar 25 meter.

Ratusan orang terlibat dalam membentangkan bendera raksasa di sekeliling Tugu Malang itu. Beragam unsur ambil bagian dalam kegiatan ini.

Mulai dari siswa sekolah, TNI, Polri, tokoh lintas agama dan masyarakat umum. Para pemuka agama juga tampak membentangkan dan melingkarkan bendera itu di Tugu Malang.

Plt Walikota Malang, Sutiaji, menjelaskan, kegiatan dengan melibatkan banyak elemen ini, merupakan lambang keterwakilan komunitas lintas bangsa.

Lebih lanjut, Walikota Malang terpilih itu menambahkan, para pahlawan sudah merebut kemerdekaan dengan susah payah. Maka dari itu, tegas Sutiaji, kemerdekaan saat ini harus diisi dan dipertahankan dengan persatuan dari Sabang sampai Merauke.

Hal ini, lanjut dia, menjadi komitmen bersama. Pancasila menjadi landasan. Kebhinekaan sebagai simbol.

"Kami Pemkot Malang dan Forkopimda Plus kota dan Malang Raya, satu tekad bulat. Tidak ada yang bisa merongrong persatuan dan kesatuan," tegasnya, Rabu (15/8).

Di masa seperti saat ini, rasa nasionalisme juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan IT. Kegiatan sekarang, pemasangan bendera raksasa ini bukan sekadar simbol.

Namun, dengan memanfaatkan internet, kegiatan semacam ini bisa dilihat di internet dan media sosial. Sutiaji berharap, bisa menjadi semangat atas perjuangan para pahlawan.

Dia juga berharap, kegiatan ini bisa menumbuhkan karakter bangsa yang kuat.

"Sekarang serba IT, maka kita viralkan. Mulai dari anak kecil sudah bisa melihat dari internet," tandas dia.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up