JawaPos Radar

Meluas, Lahan Hutan Lawu yang Terbakar Capai Puluhan Hektare

10/09/2018, 21:55 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Kebakaran Hutan
ILUSTRASI: Kebakaran kawasan hutan Lawu, Tawangmangu, Karanganyar semakin meluas, Senin (10/9). (Joko Hardyono/Radar Sampit/Jawa Pos Group)
Share this image

JawaPos.com - Kebakaran kawasan hutan Lawu, Tawangmangu, Karanganyar semakin meluas, Senin (10/9). Sampai saat ini luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai puluhan hektare. Banyaknya pepohonan kering dan rumput yang mudah terbakar membuat kebakaran dengan cepat merembet dan membesar. 

"Luas lahan yang terbakar sudah mencapai puluhan hektare, tetapi sekarang sudah mulai menyusut," terang Asper/Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Utara, Edi Saryono kepada JawaPos.com, Senin (10/9).

Tetapi, Edi tidak bisa memastikan kapan upaya pemadaman akan selesai dilakukan. Mengingat, kondisi cuaca saat ini masih terik dan ancaman hembusan angin besar masih bisa terjadi di kawasan yang terbakar. 

Kebakaran Lawu
Ratusan relawan yang merupakan gabungan dari berbagai instansi terus berupaya melakukan pemadaman. (Istimewa)

"Untuk titik yang terbakar juga sudah mulai berkurang, dari sebelumnya mencapai belasan titik api, tapi sekarang tinggal satu titik api saja," urainya.

Meski begitu, Ratusan relawan yang merupakan gabungan dari berbagai instansi terus berupaya melakukan pemadaman. Selain untuk melakukan upaya pemadaman, para relawan juga melokalisir wilayah lain agar api tidak meluas lagi. 

"Jumlah relawan yang diterjunkan cukup banyak, bahkan lebih dari 150 relawan. Ada dari Polsek, Koramil, relawan, dan juga warga masyarakat sekitar," katanya.

Seperti diketahui, kebakaran hutan Lawu pertama kali diketahui warga pada Sabtu (8/9) malam. Api sempat mengecil pada Minggu (9/9) pagi, tetapi kobaran api kembali membesar pada Minggu (9/9) malam karena hembusan angin.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up