alexametrics

Selain di Indonesia, Covid-19 Melejit di 4 Negara yang Gunakan Sinovac

25 Juni 2021, 07:07:43 WIB

JawaPos.com – Manjurnya vaksin Covid-19 menjadi harapan bagi sebuah negara untuk menekan angka kasus baru. Hanya saja, meski sudah berusaha membeli vaksin Sinovac dari Tiongkok dan memberikan dosisnya kepada sebagian warganya, Indonesia kini menghadapi gelombang baru akibat mutasi Covid-19. Tak hanya Indonesia, ternyata empat negara lain juga melaporkan hal yang sama.

Negara yang dimaksud adalah Seychelles, Mongolia, Cile, dan Bahrain. Keempatnya dalam beberapa bulan terakhir mengandalkan vaksin Tiongkok untuk melakukan inokulasi dan kembali ke versi normal di masa pandemi. Keempat negara telah memberikan setidaknya satu dosis vaksin ke sebagian besar populasi mereka, berkisar antara 58,7 persen untuk Mongolia hingga hampir 72 persen untuk Seychelles. Namun, mereka sekarang justru berjuang melawan gelombang baru infeksi Covid-19 yang menurut para ilmuwan seharusnya tidak terjadi.

Beberapa ahli mengatakan salah satu alasan utama bisa jadi karena vaksin itu sendiri. Jutaan dosis yang diberikan Tiongkok ke negara-negara tersebut dalam beberapa bulan terakhir mungkin tidak terlalu efektif dalam membendung penyakit Covid-19, terutama ketika berhadapan dengan varian virus baru yang telah memicu wabah di wilayah di seluruh dunia.

“Jika vaksinnya cukup baik, kita seharusnya tidak melihat pola ini,” kata seorang ahli virologi di Universitas Hongkong Jin Dongyan, mengatakan kepada New York Times seperti dilansir Hindustan Times.

“Tiongkok harus tanggung jawab untuk memperbaiki ini,” tambahnya.

Yang lain merujuk pada kelangkaan data yang muncul dari Tiongkok, baik itu uji klinis untuk vaksin atau hasil kemanjuran dan keamanan. Tiongkok sendiri telah menyetujui 7 vaksin yang dikembangkan di dalam negeri, termasuk dua di antaranya untuk anak-anak berusia tiga tahun.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads