alexametrics

Xi Jinping Berambisi Tiongkok Miliki Citra Sebagai Negara Terhormat

2 Juni 2021, 19:01:01 WIB

JawaPos.com – Presiden Xi Jinping mendesak para pejabat untuk menciptakan Tiongkok memiliki citra yang dapat dipercaya, menyenangkan, dan terhormat. Sehingga dengan begitu bisa membuat Tiongkok lebih mulus melakukan pendekatan diplomatik yang keras.

Xi mengatakan kepada para pemimpin senior Partai Komunis pada Senin (31/5) bahwa negara itu harus menjalim relasi dan terbuka. Dia ingin Tiongkok dikenal sebagai negara yang bersahabat.

“Berteman secara luas, menyatukan mayoritas dan terus memperluas lingkaran pertemanannya dengan mereka yang memahami dan bersahabat dengan Tiongkok,” jelasnya menurut kantor berita resmi Xinhua.

“Tiongkok membutuhkan pegangan dalam komunikasinya dengan dunia, dan harus terbuka dan percaya diri, tetapi juga sederhana dan rendah hati,” kata Xi seperti dilansir dari Bloomberg, Rabu (2/6).

Pernyataan itu menunjukkan bahwa Xi mungkin memikirkan kembali strategi komunikasinya di panggung global. Xi telah mengesampingkan strategi ‘sembunyi-sembunyi’ yang telah berlangsung puluhan tahun untuk menjaga profil internasional yang rendah demi diplomasi negara besar.

Tiongkok ingin membalas pelanggaran kepentingan negara-negara asing dengan langkah-langkah perdagangan, larangan perjalanan, dan protes diplomatik. Meski begitu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Wang Wenbin menghindari pertanyaan apakah pemerintah akan mengambil pendekatan yang berbeda dalam diplomasinya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads