alexametrics

Rileks Pahami Teknik Dasar Berkuda

30 September 2019, 19:19:53 WIB

JawaPos.com – Berkuda bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk melepas penat. Peminatnya bukan hanya kaum adam. Perempuan pun tak ingin ketinggalan menggemari olahraga itu. Misalnya, yang terlihat dalam acara workshop horse back archery (HBA) di lapangan K-Satria Stable Surabaya, Wonorejo, kemarin.

Kegiatan yang diprakarsai komunitas Satwa Sehat Indonesia (SSI) itu diikuti 27 peserta. Mereka memiliki latar belakang profesi yang berbeda. Di antaranya, dokter hewan, mahasiswa, dan anggota beberapa komunitas.

Dodit Hendra, ketua panitia dari SSI, mengatakan bahwa setiap peserta diajari teknik dasar berkuda. Terutama memahami karakter kuda yang ditunggangi. Sebab, kuda akan berontak saat merasa tidak nyaman.

”Pengenalan dulu itu pasti. Ibaratnya, penunggang sama kudanya menyatu lebih dulu. Nanti kalau sudah saling memahami, seperti mengikuti arahan saja,” katanya. Kuda yang ditunggangi pun bukan kuda sembarangan. Artinya, kuda yang sudah terlatih.

Para peserta juga diwajibkan memakai perlengkapan berkuda sesuai standar. Di antaranya, helm, sarung tangan, dan sepatu bot khusus.

Peserta juga mendapatkan suguhan teknik memanah sambil berkuda. Namun, para peserta belum sampai mencoba tahap itu. Sebab, mereka harus memahami seluruh teknik dasar hingga advance berkuda terlebih dahulu. ”Kalau memanah, otomatis enggak pegangan. Kemudinya ya lewat kedua paha,” katanya. Penunggang kuda dituntut fokus pada bantalan target dan arah kemudi kuda.

Beh Yu Wei, mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) asal Malaysia, menyatakan senang bisa mengikuti acara itu. Sebelumnya, dia pernah beberapa kali menunggangi kuda. Kini ilmu yang didapat lebih luas lagi. ”Kuda itu seakan mengikuti alur kecepatan sesuai keinginan kita. Kuncinya harus padu dulu,” katanya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : dan/c6/ady



Close Ads