alexametrics

Nanica Smitch, Replika Nintendo Switch dengan 800 Games di Dalamnya

27 Desember 2019, 14:39:42 WIB

JawaPos.com – Setelah menjadi salah satu konsol game terlaris sejak pertama diluncurkan pada 2017 lalu, Nintendo Switch kini punya versi replika atau model KW-nya. Jelas bukan Nintendo yang membuat. Tiruan Nintendo Switch ini namanya Nanica Smitch.

Sebagaimana dikutip JawaPos.com dari TechSpot, Jumat (27/12), Nanica Smitch ini adalah rip-off atau replikanya yang benar-benar mirip dengan Nintendo Switch. Jauh di bawah harga Switch, Nanica Smitch dijual hanya dengan harga hanya USD 50 atau setara dengan Rp 698 ribuan saja.

Nanica Smitch saat ini tersedia di Kolombia. Konsol yang benar-benar mirip dengan Nintendo Switch ini sudah terinstal 800 games di dalamnya.

Semakin menyerupai Switch, Nanica Smitch bahkan memiliki pengendali atau kontroler yang bisa dilepas. Kontroler tersebut dikenal dengan sebutan Joy-Con dan ada gambar Mario, salah satu karakter games legenda di bagian depan kotak penjualan.

Seperti sudah disinggung di atas, menurut situs web Kolombia yang menjual perangkat ini , Smitch hadir dengan 800 game yang sudah di-install sebelumnya. Tidak menggunakan kartrid, semua games hampir pasti disimpan dalam ROM ilegal dari Nintendo Entertainment System (NES). Beberapa dari mereka yang diberi nama termasuk Mario Bros, Bomberman, dan Double Dragon.

Meski memiliki kontroler Joy-Con, pada Smitch kontroler tersebut hadir dengan ukuran lebih besar dan perangkat ini ditenagai empat baterai AAAA. Perangkat ini juga dapat terkoneksi ke TV seperti Switch. Bedanya kalau Switch pakai akses HDMI, Smitch sebagai perangkat replikanya hanya menggunakan kabel RCA.

Kemungkinan Nintendo akan menghentikan peredaran Nanica Smitch, atau sudah memulai prosesnya. Beberapa perusahaan memang melindungi IP mereka dan telah melayangkan beberapa tuntutan hukum terhadap situs-situs hosting ROM untuk mencari keuntungan dengan pelanggaran hak cipta dan merek dagang.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto


Close Ads