alexametrics

Merawat Sukulen agar Berumur Panjang, Jemur 1–2 Kali dalam Sepekan

19 April 2021, 13:03:15 WIB

Sukulen masih jadi favorit penyuka tanaman. Mungil dan pas diletakkan di dalam ruangan. Dengan perawatan yang baik (dan relatif mudah), sukulen bisa tumbuh sehat dan panjang umur.

MERAWAT sukulen itu gampang-gampang seru. Elisabeth Puspita menceritakan, tanaman dengan batang dan daun berdaging itu butuh lingkungan tumbuh yang stabil. Teduh, terlindung dari terpaan angin dan hujan. Jika itu tak terpenuhi, sukulen rentan sakit atau tumbuh tak normal.

Elis, sapaan Elisabeth, menjelaskan, ada banyak jenis sukulen populer di tanah air. Dia menyarankan kaktus, sansevieria, dan haworthia untuk penanam pemula. Ketiganya bandel. Mudah dirawat, mampu tumbuh di luar atau dalam rumah. ’’Bahkan, bisa besar atau keluar anakan. Semudah itu,” kata pemilik Cactelier tersebut.

TEMAN DI MEJA KERJA: Si mungil sukulen dalam pot beragam bentuk yang catchy. Elis menyarankan, sukulen yang ditempatkan di dalam ruangan tetap rutin dijemur agar tumbuh sehat. (ALFIAN RIZAL/JAWA POS)

Ada pula jenis yang menurutnya sulit. Dari koleksinya, ada echeveria. Tanaman dengan daun bertumpuk-tumpuk itu butuh pemantauan ekstra. ’’Endel, nggak bisa kena panas langsung, tapi kalau kurang paparan matahari, tumbuhnya memanjang,” lanjut Elis. Selain itu, ada elephant bush yang menyukai tempat tumbuh yang sejuk.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : fam/c17/nor

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads