alexametrics

Hoax Penghargaan setelah Penurunan Baliho

27 November 2020, 05:05:45 WIB

SOSOK Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman kerap jadi perbincangan pasca peristiwa penurunan baliho milik FPI di Petamburan, Jakarta. Ada yang mengapresiasi, ada pula yang mencaci. Tak terkecuali, produsen hoax yang membikin kabar bahwa Dudung menerima penghargaan setelah penurunan baliho tentang Rizieq Syihab.

”Dapet penghargaan ni Yee setelah nurunin baliho,” tulis akun Facebook Dedi Ma Men pada 22 November 2020. Dedi juga menyertakan posting-an dari akun Teguh Faisal tentang foto Pangdam Jaya memegang plakat penghargaan bersama seorang pria berwajah oriental (bit.do/DapatPenghargaan).

Komentar netizen pun mengalir liar. Bahkan, ada yang menyebutkan bahwa penurunan baliho itu dilakukan atas permintaan investor asing.

Saat ditelusuri, foto tentang situasi yang sama pernah diunggah akun Facebook milik Kodim 0503/Jakarta Barat pada Agustus 2020. ”Dandim 0503/JB, Kolonel Inf. Dadang Ismail Marzuki S.I.P, Mendampingi Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdulrahman S. E.M.M, Silahturahmi ke Bapak Kuncoro, PT Kawan Lama di Jln Puri Kencana, Kel. Meruya Utara, Kec. Kembangan, Jakarta Barat,” begitu keterangan yang menyertai sejumlah foto kunjungan Pangdam Jaya, termasuk foto memegang plakat penghargaan. Anda dapat melihatnya di bit.do/PostinganAgustus.

Mengacu pada tanggal unggahan, bisa dipastikan bahwa momen itu diabadikan beberapa bulan sebelum aparat TNI menurunkan baliho FPI di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat. Bahkan sebelum Rizieq Syihab kembali ke tanah air.

Sementara itu, situs milik Kodam Jaya, kodamjaya-tniad.mil.id, menginformasikan kunjungan tersebut pada 28 Agustus 2020. Disebutkan, foto itu diambil pada acara penyerahan cenderamata dari Pangdam Jaya kepada Kuncoro Wibowo selaku pemilik PT Kawan Lama Sejahtera.

Cenderamata itu diberikan setelah PT Kawan Lama Sejahtera menyerahkan bantuan berupa 500 alat pengukur suhu tubuh kepada Kodam Jaya. Lokasi acara berada di lantai 8 Gedung PT Kawan Lama Sejahtera, Jl Puri Kencana Nomor 1, Kembangan, Jakarta Barat, pada Jumat, 28 Agustus 2020. Anda dapat membacanya di bit.do/BantuanKemanusiaan.

FAKTA

Foto yang diunggah akun Facebook Teguh Faisal merupakan acara penyerahan cenderamata dari Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman kepada pimpinan PT Kawan Lama Sejahtera pada Agustus 2020. Kenang-kenangan itu diberikan sebagai apresiasi setelah PT Kawan Lama Sejahtera menyerahkan bantuan 500 alat ukur suhu tubuh.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c7/fat


Close Ads