JawaPos Radar

Jawa Pos Clearing House of Information

Salah Ambil Video, Gubernur Makkah Dikira Mantan Paus Mualaf

27/08/2018, 14:29 WIB | Editor: Ilham Safutra
Salah Ambil Video, Gubernur Makkah Dikira Mantan Paus Mualaf
Gambar Hoax yang disebut seorang paus jadi mualaf. (Facebook)
Share this image

JawaPos.com - Penyebar hoax yang satu ini kurang kreatif. Sebab, dia masih membiarkan adanya fakta tersimpan di pesan yang disebarkannya. Penyebar hoax yang dimaksud ialah pembuat pesan bahwa Paus Benedictus menjadi mualaf dan menunaikan ibadah haji tahun ini.

Pesan hoax tersebut disertai sebuah video. Nah, di video itulah terdapat tulisan "Instagram al_saud_". Itulah fakta yang kami maksud masih tersimpan. Jika malas mengecek ke akun Instagram al_saud_, mungkin Anda bisa saja terjebak. Percaya bahwa pria yang sedang melempar jumrah itu adalah Paus Benedictus.

Sebab, sepintas wajah pria dalam video itu memang mirip Paus Benedictus. Rambutnya putih tak terlalu cepak. Kulitnya bersih. Hidungnya mancung. Tapi, kalau tidak malas untuk mengecek ke akun Instagram @al_saud_ , Anda pasti akan menemukannya jawabannya.

Salah Ambil Video, Gubernur Makkah Dikira Mantan Paus Mualaf
Akun asli yang memuat video Gubernur Makkah sedang melempar jumrah. (Instagram/al_saud_)

Al_saud_ adalah akun resmi keluarga Al Saud. Pada 21 Agustus 2018 akun tersebut mengunggah video. Di kalangan netizen Indonesia, video itu disebut sebagai Paus Benedictus sedang menunaikan ibadah haji. Faktanya, pria yang ada dalam video tersebut bukan Paus Benedictus. Tapi, Pangeran Khalid bin Faisal Al Saud.

Pria kelahiran 24 Februari 1940 itu merupakan gubernur Makkah. Sebelumnya dia menjabat menteri pendidikan Kerajaan Arab Saudi. Video tersebut disertai caption dalam bahasa Arab. Jika diartikan, bunyinya, Pangeran Khalid Al Faisal melempar jumrah aqabah bersama putranya, Pangeran Saud bin Khalid Al Faisal dan Pangeran Abdullah bin Bandar bin Abdul Aziz.

Bukan kali ini saja keluarga Pangeran Khalid bin Faisal Al Saud menjadi bahan hoax. Pada 15 Maret 2018, koran ini pernah membahas video yang juga mencatut nama keluarga Pangeran Khalid. Saat itu beredar video seorang yang melompat dari lantai 2 sebuah hotel di London. Seseorang itu disebut keponakan Raja Salman yang tak lain anak Pangeran Khalid, Pangeran Bandar bin Bandar bin Abdul Aziz.

Berdasar penelusuran yang dilakukan Jawa Pos, ternyata video amatir itu merupakan rekaman peristiwa di lantai atas bandara Hartsfield-Jackson International Airport, Atlanta, Amerika Serikat. Sekali lagi, pria dalam video itu tidak berkaitan dengan keluarga Kerajaan Arab Saudi.

Dikutip dari 11alive.com dan sejumlah portal berita dari Amerika Serikat, pria itu diketahui bernama Kyle Philips. Dia berusia 32 tahun. Saat kejadian itu, Philips disebut sedang mabuk. Dia mengancam wisatawan lain yang ada di depan tempat nge-bir Terrapin Taphouse di Terminal D Bandara Hartsfield. Oalah, kok kebacut. Berkali-kali menyebarkan hoax mencatut keluarga Kerajaan Arab Saudi. 

FAKTA

Video yang disebut Paus Benedictus menjadi mualaf dan menunaikan ibadah haji adalah ngawur. Hoax 100 persen. Pria dalam video tersebut ialah Gubernur Makkah Pangeran Khalid bin Faisal Al Saud.

(gun/c10/fat)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up