alexametrics

Peristiwa di Surabaya Jadi Hoax di Medan

11 Desember 2019, 19:32:54 WIB

JawaPos.com – Pengelola halaman Facebook InfoEsia.com membagikan video dengan keterangan yang ngawur dua hari lalu (9/12). Mengunggah rekaman peristiwa bunuh diri di Surabaya, kemudian memberi keterangan bahwa peristiwa tragis itu terjadi di Podomoro City Deli Park, Medan, Sumatera Utara.

”Medan, InfoEsia.com – Baru Beberapa Hari setelah Pembukaan, Sudah Ada Makan Satu Korban Bunuh Diri di Podomoro Deli City Medan, Sumatera Utara,” tulis akun tersebut pada 9 Desember 2019. Celakanya, ada saja warganet yang percaya informasi itu. Contohnya pemilik akun Facebook Suyanto (bit.ly/BunuhDiriMedan).

Video yang disebar ulang oleh Suyanto itu menunjukkan rekaman dari lantai atas sebuah mal. Tampak korban sudah ditutupi selembar kain bermotif. Beberapa pengunjung mal terlihat merekam kondisi korban dengan ponsel dari berbagai sisi.

Saat ditelusuri, aksi bunuh diri itu terjadi di Galaxy Mall, Surabaya. Jawa Pos menemukan video serupa diunggah lebih dulu oleh kanal YouTube adabkini.com pada 3 Desember 2019. Judulnya, Seorang Pria Tewas Terjun Bebas dari Lantai 4 Galaxy Mall Surabaya.

Keterangan kanal itu menjelaskan, korban yang meninggal bernama Edwin Lewanto. Pria 38 tahun tersebut tak lagi bernyawa setelah meloncat dari lantai 4 ke lantai dasar Galaxy Mall. Berdasar keterangan istrinya, korban mengalami depresi. Anda dapat melihat video berikut:

Peristiwa bunuh diri itu juga diberitakan banyak media arus utama. Salah satunya radarsurabaya.jawapos.com. Judulnya, Diduga Depresi, Warga Dharmahusada Loncat dari Lantai 4 Galaxy Mall.

Berita yang terbit pada 4 Desember 2019 itu menjelaskan bahwa insiden tersebut terjadi Selasa, 3 Desember 2019, pukul 21.34. Kapolsek Mulyorejo Kompol Enny P. Rustam menjelaskan, saat ditemukan, korban sudah tewas dengan tangan patah karena terbentur lantai dasar mal.

Enny menambahkan, polisi sudah meminta keterangan keluarga untuk mencari tahu penyebab Edwin bunuh diri. Dugaan sementara, korban bunuh diri karena depresi. ”Dalam dua bulan ini memang agak lebih parah dari biasanya,” ungkapnya. Anda dapat membacanya di sini.

FAKTA

Terkait video korban bunuh diri yang diunggah pengelola halaman Facebook InfoEsia.com, lokasi kejadian adalah Galaxy Mall, Surabaya. Bukan Podomoro City Deli Park, Medan, Sumatera Utara. Peristiwa itu terjadi pada 3 Desember 2019.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c11/fat

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads