alexametrics

Hoax Video Buaya Memangsa Manusia di Sungai Musi

8 September 2021, 05:48:37 WIB

VIDEO pendek yang memperlihatkan seekor buaya mencengkeram tubuh manusia mendadak viral di media sosial. Bukan hanya di Facebook, video itu juga menyebar di YouTube dengan keterangan bahwa peristiwa tersebut terjadi Palembang. Tepatnya di bawah Jembatan Musi II, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (4/9).

”Viral,,,! Orang Dimangsa Buaya Semoga ditempatkan pada syurga-Nya dan diampunkan segala dosa, keluarga yg ditinggalkan selalu dalam ketabahan,,, Aamiiin,,,, Di Kawasan Jembatan Musi Dua Palembang, Kecamatan Gandus Seberang Ilir, Kecamatan Kertapati Seberang Ulu, Provinsi Sumatera Selatan,” tulis akun HarryDay Chanel UpTv pada 4 September 2021.

Ada dua cuplikan tayangan dalam video berdurasi 1 menit 44 detik tersebut. Yang pertama memperlihatkan seekor buaya menggigit tubuh manusia yang tampak sudah tak bernyawa. Video kedua menunjukkan puluhan warga berada di tepi sungai. Mereka disebut sedang menyaksikan buaya yang memangsa manusia (bit.ly/DimangsaBuayaMusi).

Anehnya, penelusuran jejak digital sama sekali tidak menemukan berita tentang buaya menerkam manusia pada 4 September 2021. Foto dari peristiwa itu justru pernah diunggah pada 5 Agustus 2021 oleh situs berbahasa Portugis, primeirahora.com.br.

Memang tidak disebutkan lokasi maupun kronologi buaya memangsa manusia itu. Situs Primeira Hora hanya menyebutkan bahwa sebuah video viral di media sosial memperlihatkan kejadian yang mengejutkan. Seekor buaya seperti memamerkan mangsanya yang merupakan seorang perempuan. Sementara, lokasinya belum diidentifikasi. Anda dapat melihatnya di bit.ly/SitusBrasilAgustus.

Meski demikian, unggahan portal Primeira Hora itu secara tidak langsung memastikan bahwa video tersebut beredar sejak awal Agustus. Tidak seperti unggahan akun HarryDay Chanel UpTv yang menyebut video itu direkam pada 4 September 2021.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c14/fat

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads