alexametrics

Cuplik Video Gempa Aceh 2017 untuk Gambarkan Gempa di Jambi

3 Desember 2021, 05:48:22 WIB

SAAT terjadi bencana alam, disinformasi hampir pasti selalu mengiringi. Misalnya, cuplikan video di YouTube yang memperlihatkan warga berhamburan ke luar warung internet (warnet) karena gempa. Katanya, video itu terjadi saat gempa bumi di Jambi pada Senin (29/11) lalu. Padahal bukan.

”Gempa Jambi Hari Ini, Gempa Kuat Jambi dan Musi Banyuasin Warga Panik, Gempa Musi Banyuasin Hari Ini.” Begitu judul video yang diunggah kanal YouTube Spotlite Video pada 29 November 2021.

Cuplikan kepanikan pengunjung warnet yang terekam CCTV ruangan itu ditayangkan dua kali. Saat menit-menit awal dan menit pertengahan. Klaim itu menyebutkan bahwa kepanikan tersebut terjadi setelah gempa bumi di Jambi Senin lalu (bit.ly/KeluarWarnetGempa).

Berdasar akun Twitter resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), memang terjadi gempa bumi di Jambi pada Senin (29/11) pukul 16.08 WIB. Gempa berkekuatan magnitudo 4,7 itu berada di kedalaman 10 km dengan pusat gempa berada di darat 54 km timur laut Musi Banyuasin. Selengkapnya, Anda dapat membacanya di bit.ly/GempaJambi.

Meskipun begitu, video yang ditampilkan akun tersebut ternyata bukan baru terjadi Senin lalu. Berdasar hasil penelusuran, video orang yang berhamburan ke luar warnet itu telah beredar lama pada 2017. Salah satunya diunggah kanal YouTube Khalikul Lc pada 25 Februari 2017. Judul video itu berbunyi Gempa Bumi Pidie Jaya Aceh Terekam CCTV.

Persamaan video milik kanal Spotlite Video dengan Khalikul Lc itu tampak dari bentuk dan warna meja komputer. Juga kesamaan baju pengunjung yang berhamburan ke luar warnet. Anda dapat melihatnya di bit.ly/GempaPidie2017.

Situs resmi BMKG menyebut gempa itu terjadi pada Sabtu, 25 Februari 2017, pukul 15.01 WIB. Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer. Sedangkan titik pusat gempa berada di 5,14 LU 96,22 BT dan berjarak 18 kilometer barat laut Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya. Anda dapat membacanya di bit.ly/Kedalaman10Meter.

FAKTA

Video yang memperlihatkan pengunjung warnet berhamburan saat gempa itu terjadi di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, 25 Februari 2017.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c19/jun

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads