alexametrics

Foto Rekayasa Pele Jongkok di Pusara Maradona

2 Desember 2020, 05:05:26 WIB

APA PUN yang sedang viral selalu mengundang aksi jahil produsen hoax. Misalnya, peristiwa kematian legenda sepak bola Argentina Diego Armando Maradona 25 November lalu. Tiba-tiba saja di media sosial beredar foto yang menunjukkan legenda sepak bola Brasil Pele berjongkok di pusara Maradona.

’’Moment di pemakaman ini sungguh menggetarkan. PELE 80 tahun legenda bola dunia asal Brazil yang bernama asli Edson Arantes do Nascimento berjongkok dengan ekspresi duka mendalam di pusara Maradona.’’ Begitu keterangan yang ditulis akun Facebook Djoko Saksono pada 29 November 2020 (bit.do/PeleBerjongkok)

Foto tersebut memang memperlihatkan Pele sedang memegang pusara sembari membawa bunga di tangan kirinya. Namun, foto seperti itu tidak ditemukan di akun Twitter Pele setelah kematian Maradona. Yang ada, Pele mem-posting foto Maradona memegang trofi Piala Dunia plus ucapan belasungkawa.

’’Suatu hari, saya berharap kita bisa bermain bola bersama di langit.’’ Begitu penggalan tulisan belasungkawa Pele yang di-posting pada 26 November 2020. Anda bisa melihatnya di bit.do/DoaPele.

Lantas, dari mana asalnya foto Pele bersimpuh di pusara Maradona? Memanfaatkan situs padanan gambar, foto tersebut ternyata hasil rekayasa digital. Versi aslinya, pria dalam foto itu bukanlah Pele. Bagian kepalanya saja yang diganti, kemudian ditambahi tulisan ’’Diego Maraona’’ di pusara yang berdiri tegak. Anda dapat membandingkan kemiripan foto itu di situs Getty Images, bit.do/FotoStok.

Fakta lainnya bisa dibaca dari berita di Daily Mail tentang pemakaman Maradona pada 26 November lalu. Berita itu dilengkapi foto yang memperlihatkan situasi iring-iringan jenazah menuju Jardin Bella Vista, Buenos Aires.

Salah satu foto memperlihatkan suasana pemakaman dengan menggunakan drone. Bentuk pemakamannya berbeda dengan foto yang diunggah akun Facebook Djoko Saksono. Posisi pusaranya tidur, bukan berdiri. Anda dapat melihatnya di bit.do/PemakamanDiego.

Situs pencari fakta asal India, India Today, mengulas foto tersebut pada 28 November 2020. Mereka memastikan bahwa foto Pele di pusara Maradona yang beredar beberapa hari terakhir adalah hasil suntingan. Pele memang telah mengungkapkan kesedihannya atas kematian Maradona. Tapi, belum ada pemberitaan tentang dirinya mengunjungi makam Maradona.

FAKTA

Foto Pele jongkok di depan pusara Maradona adalah hasil suntingan dari dua gambar yang berbeda. Belum ada berita resmi yang menyebut Pele mengunjungi makam Maradona.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c19/fat


Close Ads