alexametrics

Member Shuffle dan Optimisme Beby Jadi Kapten JKT48

29 April 2019, 15:05:29 WIB

JawaPos.com – Lulusnya Shania Junianatha dari JKT48 mengakibatkan posisi kapten kosong. Saat graduation ceremony, Sabtu (27/4) di Balai Sarbini, Shania mengumumkan yang menggantikan posisinya sebagai Kapten JKT48 adalah Beby Chaesara Anadila. Shania yakin, rekannya sesama generasi satu itu orang yang tepat memimpin 65 member JKT48.

Usai upacara kelulusan, Shania memberikan semangat kepada Beby agar bisa membawa JKT48 kembali berjaya. Sebagai sosok yang sudah punya pengalaman lama di JKT48 dan paham tentang 48 Group, Shania menyebut Beby adalah sosok yang tepat menjadi kapten.

’’Semangat ya, Beby. Sebagai kapten baru, semoga JKT48 bisa lebih sukses dari saat kita keluar 7 tahunan yang lalu. Buat fans yang sudah mendukung, terus dukung JKT48 ya,’’ pinta Shania.

Beby yang diberi tanggung jawab itu sadar, bahwa tugasnya tidak mudah. Namun, member Tim KIII itu tahu ada kekuatan yang masih bisa didorong untuk menjadikan JKT48 lebih baik. Terkesan klise, tetapi dia menyebut semangat member dan fans membuatnya yakin jika tugasnya sebagai kapten bisa berjalan lancar.

Dia lantas menyinggung project Reboost yang sudah berjalan. Langkah untuk me-restart JKT48 itu sempat diragukan fans. Kata Beby, ada yang menganggap itu tidak mungkin dan hanya project asal-asalan. Namun bagi member, terutama dirinya, Reboost sudah memberikan hasil.

’’Buktinya, kami bisa jalani Reboost sampai sekarang dan bertahan. Teater masih banyak yang nonton, konser juga. Member tetep semangat, begitu juga dengan fans. Itu optimisnya aku,’’ tutur Beby.

Nurhayati yang duduk di kursi roda dipeluk teman-temannya setelah diumumkan pindah dari Tim J ke Tim KIII. (Dhimas Ginanjar/Jawa Pos)

Lebih lanjut dia menjelaskan, saat ini generasi pertama sudah banyak yang lulus. Namun, itu tidak boleh dipermasalahkan. Sebab, regenerasi harus terus berjalan. Oleh sebab itu, Beby akan menjadikan generasi baru sebagai penggebrak JKT48. Dia berharap para generasi muda bisa menunjukkan semangatnya.

’’Aku jadi kapten pas sebelum keluar single original. Diharapkan bisa jadi gebrakan juga,’’ imbuh member kelahiran 18 Maret 1998 itu. Saat ditanya kapan single original itu keluar, saat ini Beby belum bisa memberitahu.

Lantas, langkah apa yang akan dilakukan Beby dalam waktu dekat? Dia menunggu shuffle tim berjalan. Pada Request Hour Top 30 JKT48 yang juga menjadi graduation ceremony Shania, ada perombakan member Tim J, KIII dan T. Komposisi baru masing-masing tim akan mulai berlaku pada 21 Juli.

’’Aku ingin lihat bagaimana masing-masing tim terlebih dulu. Bagaiman adaptasi dengan tim baru. Harapannya, masing-masing tim bisa membangun image yang kuat,’’ harap Beby. Jika masing-masing tim bisa memiliki image yang kuat, diharapkan orang-orang tidak hanya kenal JKT48 sebagai grup saja.

Pastikan Tim KIII Tetap Kuat

Nah, image baru masing-masing tim sangat dipengaruhi dari hasil shuffle yang dilakukan manajemen. Tim J, KIII, dan Tim T mendapat kekuatan dari member generasi muda yang sebelumnya berlatih di Akademi JKT48 Kelas A. Kepala Sekolah Akademi JKT48 Devi Kinal Putri mengatakan, shuffle diperlukan supaya tim tidak berat sebelah.

’’Shuffle sudah dibutuhkan karena banyak member yang keluar juga. Lalu, ada member yang performanya naik dan diturun. Selain itu, untuk masuk ke konsep awal seperti apa sih masing-masing tim di JKT48,’’ tutur Kinal.

Brielle JKT48,
Gabriel Angelina menangis saat diumumkan promosi ke Tim T, Sabtu (27/4) malam di Request Hour 2019. (Dhimas Ginanjar/Jawa Pos)

Salah satu tim yang banyak mendapatkan member baru adalah Tim KIII. Tim di mana Beby berada itu mendapat tenaga baru dari Nurhayati (Aya) yang sebelumnya memperkuat Tim J. Sedangkan 4 member lain yakni Gita Sekar (Gita), Anastasya Narwastu Tety Handuran (Tasya), Yessika Tamara (Chika), dan Angelina Chrisdty (Christy) dipromosikan ke KIII dari Akademi JKT48 Kelas A.

Masuknya lima member ke Tim KIII, diikuti dengan pindahnya empat member JKT48 Akustik ke Tim J. Yakni, Rona, Sinka, Aurel, dan Nadila. Kinal mengatakan, empat member akademi yang dipromosikan itu diyakini bisa membuat warna Tim KIII tidak berubah.

’’Memang ada member akademi yang bikin degdegan. Tapi, yang saat ini di KIII juga awalnya nggak bisa. Mereka pasti bisa,’’ kata Kinal optimis. Yang penting, kata Kinal, anak-anak yang masuk KIII merupakan member dengan semangat dan keinginan belajar tinggi.

Saat ditanya spesifik soal tim KIII yang paling banyak mendapat member rotasi, Kinal memastikan itu tak mengubah image yang ada. Sesuai konsepnya, Tim KIII tetap harus powerful. ’’Sudah saatnya Tim KIII jadi baru. Selama ini jarang dipecah. Aku harap para member jangan terlena. Di tim manapun, kita harus menaikkan nama JKT48,’’ tambahnya.

Hasil member shuffle JKT48 pada Sabtu (27/4) malam:

Ke Tim J
1. Fransisca Saraswati
2. Ni Made Ayu Aurellia
3. Rona Anggraeni
4. Nadila Cindy Wantari

Ke Tim KIII
1. Angelina Christy
2. Yessika Tamara
3. Gita Sekar
4. Anastasya Narwastu Tety Handuran
5. Nurhayati

Ke Tim T
1. Nabila Fitriana
2. Gabriel Angelina
3. Anindita Rahma Cahyadi (Double team di KIII dan T)

Editor : Dhimas Ginanjar