alexametrics

Angga Yunanda, Bintang Dua Garis Biru: Akting Terpoles berkat Bima

27 Juli 2019, 15:14:22 WIB

KENALAN sama Angga Yunanda, 19, yuk. Pemeran Bima dalam film Dua Garis Biru itu lagi hangat diperbincangkan karena bikin baper penonton.

Film Dua Garis Biru sukses. Setelah dua minggu pemutaran, penontonnya mencapai 2 juta. Angga Yunanda yang jadi salah satu pemeran utamanya pun ikut melejit.

Wajah Angga sebetulnya sudah wira-wiri di beberapa judul sinetron. Ada Malu Malu Kucing (2015), Mermaid in Love (2016), dan Nathan & Nadia (2017). Dia juga sudah membintangi beberapa film. Namun, efek Dua Garis Biru yang cukup besar, sehingga membuat publik ingin tahu tentangnya.

Dia bercerita saat pertama membuka pintu karir di dunia hiburan. Empat tahun lalu Angga mengikuti lomba fashion show di kota asalnya, Lombok. ”Saya menang. Salah satu jurinya itu casting director sebuah PH di Jakarta,” kenang dia saat dijumpai di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (25/7).

Sang casting director menawari Angga untuk bermain sinetron. Karena tidak pernah berakting, Angga ragu. Apalagi, dia masih bersekolah, duduk di kelas IX SMP dan akan mengikuti ujian nasional. Tapi, setelah merampungkan ujian, akhirnya dia menuju ibu kota untuk menyambut tawaran main sinetron. Malu Malu Kucing itu sinetron pertamanya.

Berawal dari coba-coba, lama-lama suka. Lewat akting, dia bisa belajar mengolah karakter dan emosi. Dia pun memutuskan untuk pindah ke Jakarta. Agar tak sulit mengatur jadwal, cowok kelahiran 16 Mei 2000 itu memilih homeschooling untuk pendidikan SMA-nya.

Setelah sinetron, Angga dilirik produser untuk main film. Sajen (2018) jadi film layar lebar pertamanya. Nah, kemudian datanglah kesempatan casting untuk peran Bima di Dua Garis Biru. Kebetulan, film yang disutradarai Gina S. Noer itu diproduksi Starvision Plus, rumah produksi yang merilis dua film Angga sebelumnya, Sajen (2018) dan Tabu (2019).

Kaget dan bingung. Peran Bima itu tidak sekadar remaja. Tapi harus jadi ayah. ”Peran sebelumnya cuma jadi remaja biasa,” ujar bungsu dari dua bersaudara itu. Tapi, setelah baca skripnya, dia merasa ada pesan bagus dari film itu. Dia ingin jadi bagian untuk menyampaikan pesan tersebut. ”Kesempatan itu juga bagus untuk meningkatkan kemampuan akting,” terangnya.

Untuk perannya sebagai Bima, Angga cukup total. Setiap hari dia dan Zara JKT48, pemeran Dara, selalu ngobrol via pesan teks untuk membangun chemistry yang kuat. Dia juga rela kulitnya dibuat gelap agar semakin cocok dengan karakter Bima yang berasal dari keluarga menengah ke bawah.

Setelah Dua Garis Biru, Angga mengaku lebih terpoles secara akting. Karakter dan skenario film itu memang menuntut dia untuk lebih total dalam mengolah emosi dan akting. Juga, karena filmnya sukses secara komersial, Angga mengaku mendapat beberapa tawaran untuk bermain film lagi.

Dia semakin termotivasi untuk menjadi aktor yang lebih baik. Ada satu peran yang dia incar. ”Aku mau coba meranin karakter di film psychological thriller yang ada sisi ekstremnya,” kata cowok yang saat ini memutuskan untuk tidak kuliah dulu itu.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : len/c11/jan

Saksikan video menarik berikut ini: