alexametrics

Kim Kardashian Positif Lupus

11 September 2019, 15:46:36 WIB

JawaPos.com – Kondisi kesehatan Kim Kardashian, 38, sedang kurang baik. Dalam premiere season ke-17 Keeping Up with the Kardashians pada Minggu (8/9) waktu setempat, Kim dinyatakan positif lupus.

Kondisi itu diketahui ketika Kim mengalami beberapa gejala di tubuhnya. Dia merasa lelah, mual, dan tangannya membengkak. ’’Aku merasa seperti benar-benar hancur berantakan. Tanganku mati rasa,’’ katanya dalam reality show tersebut.

Kim mencari gejala-gejala tersebut di Google. Hasilnya, dia menduga rasa sakit itu disebabkan peradangan sendi (rheumatoid arthritis). Namun, ternyata rasanya berbeda. ’’Aku merasa ini tulangku. Aku mulai benar-benar khawatir. Aku harus memperhatikannya,’’ ujarnya.

Dengan diantar sang adik, Khloe, Kim memeriksakan diri ke dokter. Dokter menduga rasa sakit itu berkaitan dengan sindrom lorong kapal yang diderita Kim. Setelah melakukan pemeriksaan, dokter juga menduga Kim mengalami radang sendi. Untuk memastikannya, dokter akhirnya melakukan tes darah.

“Aku akan memiliki bayi. Aku sedang sekolah hukum. Aku takut memikirkan seberapa jauh hal ini bakal memengaruhi hidupku,’’ ungkapnya. Saat video itu diambil, tampaknya Kim menanti kelahiran anak keempatnya, Psalm, melalui ibu surogasi.

Selang beberapa waktu kemudian, dokter memberitahukan hasil pemeriksaan. Kim dinyatakan positif mengidap lupus dan mengalami peradangan sendi. Istri Kanye West itu terkejut mendengar kabar tersebut. Dia bahkan menangis. Kim diminta dokternya melakukan scan ultrasound pada tangan dan persendiannya untuk melapisi hasil pemeriksaan pertama.

Sementara itu, Kris Jenner, ibu Kim, meminta anaknya optimistis. ’’Ayo terus berpikir positif sampai kita mendapat hasilnya,’’ tuturnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : People/Mayo Clinic/adn/c14/jan

Close Ads