alexametrics

Mau Tahu Pinjaman Online yang Aman dan Nyaman, Cek di Sini!

2 April 2019, 06:45:07 WIB

JawaPos.com – Ketua Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Tongam L Tobing, telah berulang kali mengimbau kepada semua masyarakat berhati-hati dalam melakukan pinjaman online di entitas fintech peer to peer lending (P2P). Masalahnya, masih banyak perusahaan fintech yang belum terdaftar dan ilegal.

“Masyarakat diminta untuk tidak melakukan pinjaman terhadap fintech P2P lending yang tidak terdaftar atau tidak mengantongi izin OJK,” ucap Tongam dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Namun, masyarakat tak perlu khawatir. Masyarakat yang memiliki keinginan untuk melakukan pinjaman online bisa mencari tahu langsung lewat situs CekAja.com yang aman dan terpercaya karena sudah terdaftar serta diawasi oleh OJK dan Bank Indonesia.

Ada 4 jenis kredit dan pinjaman online yang ada di CekAja.com. Apa saja?

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Biaya pendidikan anak, biaya renovasi rumah, biaya pengobatan, modal bisnis dan lainnya merupakan kebutuhan yang tidak pernah lepas kita rasakan. Seringkali kebutuhan-kebutuhan tersebut datang tanpa terencana, sementara meminjam uang kepada saudara, teman maupun rekan kerja tidak mudah. Fasilitas pinjaman tanpa agunan memudahkan Anda mendapatkan pinjaman tanpa harus memiliki aset untuk dijaminkan. Biasanya bank atau lembaga keuangan hanya menjadikan kepemilikan kartu kredit sebagai syarat utama. Hal tersebut tentunya membuat pengajuan KTA Anda dapat menjadi lebih mudah.

Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)

Tinggal di Jakarta yang serba macet seringkali membuat sebagian orang putar otak. Terutama untuk bisa sampai ketempat tujuan tepat waktu. Berangkat kerja lebih pagi agar dapat tempat duduk di angkutan umum? Atau berangkat kerja Bersama teman?.

Dengan memanfaatkan fasilitas pinjaman yang diperuntukkan untuk membiayai kendaraan bermotor Anda tidak perlu lagi khawatir.

Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Rumah merupakan suatu kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Namun, ditengah lesunya perekonomian sementara harga tanah yang melambung tinggi, maka memiliki rumah menjadi hal yang sangat sulit bagi sebagian orang.

Guna memberikan kesempatan bagi sebagian orang yang ingin memiliki hunian yang nyaman, Anda dapat mengajukan rumah yang Anda inginkan.

Kredit dengan Agunan

Sesuai dengan nama produknya, untuk mengajukan pinjaman usaha online ini Anda harus menyertakan agunan atau jaminan ke pihak bank untuk memperoleh dana tunai. Ketika Anda memikirkan untuk memulai sebuah usaha baru, dapat dikatakan modal usaha adalah fondasi utama yang harus diperhatikan. Perlu digarisbawahi bahwa modal membuka usaha memang bukan hanya uang namun juga keberanian dan jaringan. Kendati demikian modal usaha berupa uang jelas memiliki keutamaan. Ide brilian usaha Anda tidak akan jalan tanpa memiliki modal yang cukup. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan modal yang kurang mencukupi saat akan membangun suatu usaha terutama jika Anda memiliki aset yang dapat dijaminkan.

Kiat mengajukan pinjaman online yang aman

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan tips agar masyarakat tak tertipu pinjaman online. Pertama, pinjam di fintech yang terdaftar di OJK seperti CekAja.com. Sebelum meminjam, pastikan perusahaan fintech tersebut sudah terdaftar di OJK. Ini merupakan syarat wajib sebelum menggunakan layanan pinjaman untuk menjamin kredibilitas layanan yang diberikan.

Kedua, pinjam maksimal 30 persen dari penghasilan. Nasabah bisa memastikan dulu kebutuhan yang ingin dipenuhi adalah kebutuhan produktif, misalnya seperti pinjaman untuk modal memulai usaha. Hindari menggunakan uang pinjaman untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif.

Ketiga, lunasi tepat waktu. Tak hanya menghindarkan dari denda, melunasi pinjaman tepat waktu juga menjaga riwayat kredit tetap baik. Untuk menghindari keterlambatan dalam melunasi pinjaman, cara yang paling baik adalah menempatkan pelunasan tagihan pinjaman dalam prioritas pertama sesaat setelah menerima gaji.

Keempat, tidak gali lubang tutup lubang atau bayar utang pakai pinjaman lain. Kebiasaan gali lubang tutup lubang itu merugikan. Bentuk gali lubang tutup lubang yang paling ekstrem adalah pinjam duit online dari fintech lain untuk mengembalikan pinjaman di fintech sebelumnya.

Kelima, cari tahu bunga pinjaman dan denda keterlambatan pelunasan. Fintech resmi yang terpercaya biasanya secara transparan mencantumkan bunga pinjaman di awal untuk diketahui oleh calon peminjamnya. Bunga pinjaman ini perlu diketahui oleh para calon peminjam sebagai bahan pertimbangan dalam memilih layanan berbagai fintech yang ada.

Terakhir, pahami kontrak perjanjian pinjaman dan membaca serta memahami kontrak perjanjian yang ditetapkan fintech penyedia pinjaman. Kontrak perjanjian ini berisi segala sesuatu yang menyangkut transaksi pinjaman hingga proses pelunasan pinjaman dari fintech penyedia pinjaman dan konsumen. Untuk itu, masyarakat bisa melakukan pinjaman online di CekAja.com yang sudah terdaftar dan legal dari OJK.

Editor : Saugi Riyandi



Close Ads
Mau Tahu Pinjaman Online yang Aman dan Nyaman, Cek di Sini!