alexametrics

RI Dorong Perdagangan dan Investasi Lewat Model Ekonomi Hijau dan Biru

17 April 2022, 15:05:18 WIB

JawaPos.com – Saat ini dunia dihadapkan pada ketegangan geopolitik di Ukraina yang juga berdampak signifikan pada agenda pemulihan ekonomi dalam negeri. Oleh karena itu, untuk dapat tetap memperkuat ekonomi, hubungan antar mitra perlu diperkuat.

“Kenaikan harga dan kelangkaan energi dan pangan mengharuskan setiap negara untuk mempersiapkan dan menerapkan kebijakan yang lebih baik agar dapat mengatasi tantangan yang ada secara efektif,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto secara virtual, Minggu (17/4).

Dari sisi penanganan pandemi Covid-19, Indonesia saat ini memiliki tingkat rawat inap yang rendah serta lebih dari 140 juta penduduk telah divaksinasi lengkap. Sementara itu, pemerintah juga terus mendorong pemberian vaksinasi booster bagi masyarakat.

Lalu dari sisi pemulihan ekonomi, pertumbuhan ekonomi 2021 berhasil tumbuh positif sebesar 3,69 persen secara tahunan (yoy). Lebih lanjut, pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan akan meningkat dalam kisaran 5,0 persen hingga 5,5 persen pada tahun ini.

Dari sisi permintaan, pertumbuhan ekonomi didorong oleh pertumbuhan positif pada konsumsi, aktivitas manufaktur, investasi, dan ekspor. Demikian pula dari sisi penawaran, hampir semua sektor tumbuh positif sebagai respon dari peningkatan permintaan.

Di bidang perdagangan, tahun 2021 Indonesia berhasil memperoleh surplus perdagangan sebesar USD 35,3 miliar, terutama dari siklus super komoditas unggulan. Foreign direct investment (FDI) juga tercatat berhasil mencapai sebesar USD 31,6 miliar, di mana sekitar USD 2,4 miliar berasal dari negara-negara anggota Uni Eropa.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini: