alexametrics

Pesawat Anyar Garuda Indonesia yang Ramah Lingkungan

29 November 2019, 18:30:27 WIB

JawaPos.com – Tiga pesawat baru pesanan Garuda Indonesia tiba Rabu (27/11). Pekan ini, Airbus A330-900 Neo itu akan digunakan untuk melayani rute penerbangan domestik. Tapi, berikutnya, pesawat yang memiliki 24 kursi kelas bisnis dan 277 kursi kelas ekonomi tersebut juga akan melayani rute internasional.

Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara mengatakan bahwa total pesawat yang mereka pesan dari Airbus berjumlah 14. Setelah tiga kiriman pertama itu, Airbus akan mengirimkan pesawat-pesawat baru tersebut secara bertahap sampai 2022. Dia menyebut kehadiran Airbus A330-900 Neo sebagai bagian dari revitalisasi armada yang terus Garuda lakukan sejak 2012.

”Bergabungnya armada Airbus A330-900 Neo memiliki arti penting bagi Garuda Indonesia dan komitmen kami untuk terus berakselerasi, memberikan nilai lebih bagi para pengguna jasa (transportasi, Red),’’ papar Ari.

Tidak seperti pesawat-pesawat lama milik maskapai nasional itu, Airbus A330-900 Neo unggul dalam bidang teknologi. Sebab, pesawat tersebut menerapkan teknologi ramah lingkungan. Pemakaian bahan bakar bisa dihemat sampai 25 persen per kursi. ”Kami bangga menyambut A330-900 Neo yang dilengkapi berbagai teknologi terbarukan,’’ imbuh Ari.

Rencananya, tiga armada yang sudah tiba digunakan untuk melayani rute Jakarta–Surabaya, Jakarta–Makassar, Jakarta–Kualanamu, dan Jakarta–Denpasar. Nanti, pesawat juga melayani rute Jakarta–Amsterdam. ”Hal itu sebagai salah satu upaya untuk memperkuat jaringan konektivitas penerbangan internasional di Eropa dan memenuhi kebutuhan pasar Amsterdam yang tinggi ke Indonesia,’’ tuturnya.

Selain ramah lingkungan, pesawat baru milik Garuda itu dilengkapi dengan fitur free wifi text. ”Melalui fitur terbaru ini, para penumpang tetap bisa berinteraksi lewat teks tertulis seperti WhatsApp, i-message, dan Line dalam penerbangan,’’ tambah Ari.

Fitur tersebut gratis dan dapat digunakan sepanjang penerbangan melalui perangkat elektronik handphone, tablet, maupun laptop.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (dee/c25/hep)



Close Ads