alexametrics

Apresiasi Nasdaq di Akhir Jabatan Dirut KSEI

28 Mei 2019, 19:11:05 WIB

JawaPos.com – Friderica Widyasari Dewi mendapat kenang-kenangan manis di pengujung jabatannya sebagai direktur utama PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Nasdaq, bursa saham terbesar kedua di dunia asal Amerika Serikat, memberikan apresiasi sebagai perempuan yang sukses di pasar modal.

Posisi Kiki, sapaan Friderica Widyasari Dewi, sebagai Dirut KSEI berakhir kemarin (27/5). Dia digantikan direktur Bursa Efek Indonesia periode 2009-2015 Uriep Budhi Prasetyo. Setelah tidak menjabat, Kiki mengaku akan rehat sejenak. “Surprise, sweet surprise di akhir masa tugas saya. Terharu juga atas apresiasi yang diberikan,” ungkapnya kepada Jawa Pos kemarin (27/5).

Menurut dia, KSEI memiliki banyak potensi bisnis yang bisa dikembangkan. Central Securities Depository (CSD) tidak hanya menjadi lembaga penyimpan dan penyelesaian, tapi juga financial and information hub. Sebab, CSD punya semua data di pasar modal.

KSEI juga sudah memulai dengan membuat sistem pengelolaan investasi terpadu (S-Invest) untuk reksa dana. Program itu bertujuan mengembangkan infrastruktur pasar modal sehingga bisa meningkatkan efisiensi dan transparansi di pasar modal. “AKSes Next-G (yang diluncurkan) kemarin bentuk program meningkatkan transparansi. Semoga KSEI semakin maju dan bermanfaat untuk pengembangan industri dan perekonomian Indonesia,” ujarnya.

Dilansir dari laman resmi Nasdaq, dalam wawancaranya, Kiki mengatakan bahwa setelah lulus dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan MBA di bidang keuangan di California State University, AS, dirinya bekerja di Bursa Efek Jakarta yang sekarang dikenal dengan Bursa Efek Indonesia (BEI). Kiki berpandangan pasar modal Indonesia memiliki potensi yang besar untuk tumbuh dalam hal ukuran pasar, jumlah investor, perusahaan terbuka, pengembangan produk, dan lainnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (nis/c7/fal)



Close Ads