alexametrics

Kesetaraan Gender di Dunia Industri, Jumlah Pekerja Perempuan Naik

30 November 2017, 16:22:51 WIB

JawaPos.com – Dunia industri diminta untuk mengutamakan kesetaraan gender antara kedudukan pekerja laki-laki dan perempuan. Sebab, kini peran perempuan semakin profesional dalam berkarya dan berkontribusi dalam lingkungan kerja.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada Februari 2017, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) pekerja perempuan meningkat sebesar 2,33 persen menjadi 55,04 persen dari sebelumnya yaitu, 52,71 persen pada Februari 2016.

Hal itu berarti perempuan saat ini telah semakin aktif mengambil bagian dalam mendukung perekonomian nasional dan memiliki kesempatan yang sama di bidang pekerjaan.

Bahkan, menurut riset dari Grant Thornton tahun 2017, Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai peningkatan terbaik dalam hal jumlah perempuan yang menduduki posisi senior di perusahaan dengan peningkatan dari 24 persen di tahun 2016 menjadi 28 persen di tahun 2017.

Hasil riset juga menunjukan bahwa negara berkembang terus memimpin dalam keterbukaannya terhadap keberagaman di perusahaan dibandingkan negara maju.

“Kami sangat menghargai keberagaman dan inklusivitas untuk menciptakan iklim kerja yang kondusif tanpa memandang latar belakang, gender, usia ataupun tampilan fisik sehingga para karyawan dapat memberikan potensi terbaik,” kata VP Indirect Channel Excellence (ICE) Lubricants Shell Indonesia, Ginong Pratidina Hermawati, dalam keterangan tertulis, Kamis (30/11).

Sebagai perusahaan global yang menjunjung tinggi nilai keberagaman dan inklusivitas, Shell Indonesia melalui Shell Indonesia Women’s Network bekerja sama dengan Caterpillar, General Electric (GE), dan Schlumberger menggelar sebuah lokakarya “Cross-company Mentoring Circle”.

Pembentukan Shell Indonesia Women’s Network pun didasari oleh semangat keberagaman dan inklusivitas untuk mendukung para karyawan perempuan dalam mencapai aspirasinya, baik personal maupun profesional.

Selama ini pihaknya membuat karyawam perempuan dilibatkan, diberdayakan, dihormati, dan dipandang sebagai kontributor penting.

Presiden dari Shell Indonesia Woman’s Network Artizka Edwina menambahkan dengan keberagaman bakat dan kemampuan individu, memiliki lingkungan kerja inklusif menjadi kunci untuk merekrut, mengembangkan dan mempertahankan talenta terbaik.

“Kami juga berharap perusahaan dapat terus fokus untuk meningkatkan representasi perempuan di posisi-posisi penting dalam organisasi,” ujar Artizka.

Editor : admin

Reporter : (ika/JPC)



Close Ads
Kesetaraan Gender di Dunia Industri, Jumlah Pekerja Perempuan Naik