JawaPos Radar

Menteri Darmin Minta Merek Beras Disertai Dua Ciri

26/09/2018, 14:30 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Menteri Darmin Minta Merek Beras Disertai Dua Ciri
Beras yang dijual kepada masyarakat hanya sekedar mencantumkan merek tanpa detil lainnya. (Dok. JawaPos.Com)
Share this image

JawaPos.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menyoroti merek beras yang dijual ke masyarakat. Menurutnya, beras yang dijual kepada masyarakat hanya sekedar mencantumkan merek tanpa detil lainnya.

"Diperdagangan kita minta supaya merek beras disertai dua ciri. Satu kualitas medium atau premium. Kedua tingkat pecah berapa persen," ujarnya di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Rabu (26/9).

Ia menambahkan, hal itu membuat masyarakat dirugikan. Dia mencontohkan, saat harga beras sedang mengalami kenaikan, masyarakat masih banyak yang menerima kualitas beras yang tidak sesuai dengan harga.

Padahal, kenaikan itu seharusnya tidak mengubah komponen dari beras itu sendiri. Oleh karena itu, memberikan ciri kepada merek beras dinilai akan lebih membuat masyarakat bisa memilih beras terbaiknya.

"Kalau harga beras sedang naik seperti Maret April lalu itu yang terjadi kualitas itu tidak dijaga dengan baik. Berasnya tidak terlalu bagus, tingkat pecahnya 20 persen ini di atas standar. Tapi mereka bilang premium, harganya premium. Namanya konsumen kita tidak terlalu care," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up