alexametrics

Taman Botani Sukorambi Kini Jantung Oksigen bagi Jember

4 Oktober 2020, 17:04:17 WIB

JawaPos.com – Pepohonan itu menjulang tinggi. Ada palem, durian, pepaya, hingga deretan pohon bambu. Tak hanya itu, ada juga pohon gaharu yang membuat Taman Botani Sukorambi selalu sejuk.

Semilir angin makin lengkap saat menikmati pandangan indah dari Kafe Tebing yang menyajikan Pegunungan Argopuro. Buah dan sayur hidroponik juga bisa jadi pilihan oleh-oleh bagi pengunjung setelah puas berwisata di destinasi tersebut.

FAVORIT: Wahana Taman Ikan Koi menjadi salah satu tempat favorit pengunjung. Di sana, mereka bisa merasakan sensasi dicium ikan koi. (DWI SISWANTO/JAWA POS RADAR JEMBER)

Wisata di Kecamatan Sukorambi itu memang dipenuhi aneka flora dan satwa. Sedikitnya ada 13 jenis hewan yang dipelihara. Dua di antaranya hewan yang dilindungi. Di sana juga ada lebih dari 400 tanaman yang dibudidayakan. Beberapa di antaranya adalah tanaman langka.

Penggagas sekaligus pemilik Taman Botani Sukorambi H Abdul Kahar Muzakir menceritakan, konsep dasar destinasi itu adalah memberikan edukasi lewat belajar dari alam. ”Konsepnya rekreasi sambil belajar tentang alam,” tuturnya.

Baca juga: Taman Botani Sukorambi, Perpaduan Nuansa Pegunungan dan Wahana Edukasi

Destinasi itu, kata dia, diharapkan bisa membantu dunia pendidikan dengan memberikan sarana belajar. Di antaranya, mengenalkan hewan dan tumbuhan. ”Dan tentu mengajak mereka sadar bahwa flora dan fauna itu penting dalam menjaga ekosistem,” katanya.

Tak hanya itu, Kahar juga punya sebuah mimpi. Dia ingin Taman Botani Sukorambi makin hijau sehingga bisa menjadi salah satu jantung oksigen bagi Jember.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : dwi/c12/ris




Close Ads