JawaPos Radar

Soal Layar OLED iPhone Terbaru, LG Tikung Samsung?

18/09/2018, 08:30 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Layar OLED, LG Layar OLED, LG OLED iPhone
Ilustrasi: panel layar OLED bikinan LG. (LG)
Share this image

JawaPos.com – Kerja sama Apple dengan Samsung soal suplai layar OLED dikabarkan akan berakhir. Apple diketahui memang menggunakan layar OLED bikinan Samsung untuk iPhone X-nya. Namun, perangkat Apple terbaru, yakni iPhone XS dan iPhone XS Max, kabarnya mengusung layar OLED dengan material layar kristal cair bikinan LG.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman BGR, Selasa (18/9), menurut laporan dari The Korea Herald, Apple telah meminang LG sebagai pemasok sekunder panel OLED untuk iPhone XS dan iPhone XS Max yang baru-baru ini diluncurkan.

Hal itu tidak mengherankan. Sebab, mengacu pada beberapa laporan selama beberapa bulan terakhir menunjukkan bahwa Apple berniat untuk mengurangi ketergantungannya pada Samsung. Memang, Apple dilaporkan ingin menggunakan panel OLED bikinan LG untuk iPhone X tahun lalu. Namun LG kala itu dianggap belum benar-benar siap untuk urusan standar spesifikasi yang Apple tentukan.

Layar OLED, LG Layar OLED, LG OLED iPhone
Dua iPhone terbaru yang mengenakan layar OLED, iPhone XS dan iPhone XS Max. (BGR)

Kabar soal 'tikung-menikung' vendor senegara yakni LG dan Samsung yang sama-sama menjadi raksasa Korea Selatan (Korsel) itu tersiar pertama kali oleh sumber anonim. Laporan sumber itu mengatakan bahwa panel OLED fleksibel generasi keenam LG Display baru-baru ini melewati serangkaian tes kualitas Apple.

Selain itu, perusahaan layar LG itu dikatakan sedang mempersiapkan untuk produksi massal panel OLED di dua jalur manufaktur pabrik E6-nya yang kini telah beroperasi hanya untuk uji coba.

Dengan layar OLED yang biasanya menjadi bagian termahal dari sebuah smartphone, kemitraan OLED baru antara Apple dengan LG digadang-gadang akan membantu perusahaan menghemat biaya produksi. Seperti disinggung di atas, sebelumnya Apple benar-benar bergantung kepada Samsung karena hanya dia satu-satunya perusahaan yang masuk kualifikasi Apple.

Namun kini, ketika LG sudah berhasil merebut hati Apple, Samsung tentu tidak akan ‘berkepala besar’ seperti sebelumnya saat hanya mereka yang mampu membuat panel layar OLED untuk Apple. Sebuah laporan spekulatif lainnya yang juga muncul menyebut pada Juli lalu bahwa LG pada awalnya akan memasok Apple lebih dari lima juta panel OLED.

Seperti diketahui, Apple baru-baru ini meluncurkan trio iPhone, yakni iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR. Nah, Dua di antaranya, yakni iPhone XS dan iPhone XS Max menggunakan panel OLED. Sementara satu varian lainnya yakni iPhone XR mengusung layar LCD untuk menekan biaya.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up