JawaPos Radar | Iklan Jitu

iPhone Terbaru Dilengkapi E-SIM, Indonesia Sudah Siap?

15 September 2018, 09:37:59 WIB
E-SIM, E-SIM Indonesia, E-SIM iPhone terbaru
Ilustrasi: SIM-Card konvensional. (AFP)
Share this

JawaPos.com – Kehadiran E-SIM atau SIM elektronik yang tertanam langsung di smartphone tampaknya akan menjadi tren ke depan. Terlebih Apple lewat trio iPhone terbarunya yakni iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR yang kini hadir dengan dukungan dual-SIM dengan satu di antaranya merupakan e-SIM.

Dukungan dual-SIM dengan satu e-SIM pada iPhone terbaru hanya hadir untuk beberapa pasar tertentu, di antaranya Tiongkok. Sementara untuk Indonesia, iPhone terbaru kemungkinan tidak membawa teknologi e-SIM.

Meski demikian, bukan tidak mungkin ke depan akan banyak vendor smartphone yang mengadopsi teknologi e-SIM di produknya. E-SIM disebut akan menjadi masa depan SIM Card pada perangkat mobile.

E-SIM, E-SIM Indonesia, E-SIM iPhone terbaru
iPhone XS (kanan) dan iPhone XS Max, perangkat iPhone yang mengadopsi teknologi e-SIM. (DigitalTrends)

Seperti diberitakan sebelumnya, hanya ada 10 negara di dunia yang sudah menggunakan teknologi tersebut untuk kebutuhan koneksi seluler. Ke-10 negara itu adalah Kanada, Kroasia, Australia, Republik Ceko, Jerman, Hungaria, India, Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat.

Lantas untuk Indonesia sendiri, beberapa provider telekomunikasi kenamaan mengaku siap dengan implementasi teknologi e-SIM. Sebut saja XL Axiata dan provider pelat merah, Telkomsel.

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengaku, pihaknya siap dengan hadirnya teknologi e-SIM di kemudian hari. “Iya insya Allah siap, tergantung regulasinya nanti,” ujar perempuan yang karib disapa Ayu itu kepada JawaPos.com, Jumat (14/9).

“Dari sisi teknologi, kami sudah melakukan persiapan sejak tahun lalu, baik berupa kajian serta uji coba teknis terkait teknologi e-SIM ini. Kami akan mendukung jika nantinya aturannya sudah ditetapkan,” imbuh Ayu.

Senada, pihak Telkomsel lewat General Manager External Corporate Communications Denny Abidin mengatakan, Telkomsel selalu terbuka terhadap semua inovasi teknologi di dunia. Tidak terkecuali soal teknologi e-SIM.

“Prinsipnya, Telkomsel berkomitmen untuk terus fokus membangun ekosistem DNA (Device, Network, dan Application) di tanah air guna mendorong terciptanya masyarakat digital Indonesia,” ujar Abe, demikian sapaan akrabnya.

Lebih jauh, Abe mengungkapkan, yang tak kalah penting tentunya ada regulasi atau kebijakan pemerintah untuk mengatur hal tersebut. “Saat ini bagi kami yang paling utama adalah memaksimalkan kenyamanan pelanggan dengan upaya pemerataan serta kesetaraan dalam menikmati jasa telekomunikasi hingga ke pelosok daerah,” pungkas Abe.

Editor           : Fadhil Al Birra
Reporter      : (ce1/ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up