alexametrics

Tujuh Guru Gresik Raih Penghargaan dari Gubernur Khofifah

Peringatan Hari Guru Nasional
25 November 2021, 22:09:29 WIB

JawaPos.com- Belum banyak guru yang rajin menulis buku. Bahkan, terbilang masih langka. Termasuk di Gresik. Nah, di antara yang sedikit itu, ada nama Priyandono, Eko Jarwanto, dan Jaenuri. Berkat karya bukunya, mereka pun termasuk deretan pendidik yang bakal mendapat penghargaan dan apresiasi dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Priyandono, misalnya. Mantan pengajar di SMAN 1 Gresik yang kini menjadi pengawas sekolah itu telah menghasilkan empat buku nonfiksi. Beberapa di antaranya berjudul Berbisnis dengan Tuhan dan Guru Pengangkut Air. ‘’Air itu kan sumber kehidupan. Nah, sama seperti air, dalam buku tulisan itu guru juga mesti seperti air itu,’’ kata Priyandono, Kamis (25/11).

Buku berjudul Guru Pengangkut Air itulah yang menjadikan Priyandono mendapat penghargaan di momen peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2021. Tentu, ada cukup banyak buku yang masuk. Proses seleksinya juga ketat. ‘’Tentu saya tidak menyangka dan sangat bersyukur mendapat apresiasi gubernur,’’ kata pria yang tinggal di Cerme itu.

Buku Berbisnis dengan Tuhan karya Priyandono juga laris dan mendapat apresiasi. Selain masuk ke penerbit papan atas, buku tersebut juga diminati negara tetangga, Malaysia. Lalu, dialihbahasa ke Melayu.

Priyandono mencintai dunia tulis-menulis buku itu cukup lama. Sejak 2014 lalu. Memang, membutuhkan kemauan teramat kuat. Problemnya lebih pada membagi waktu di tengah rutinitas. Baik di sekolah maupun keluarga. ‘’Tetapi kalau dipaksa, pasti bisa,’’ tegasnya.

Dia mengakui, sejauh ini memang tidak banyak guru yang mencintai dunia tulis-menulis tersebut. Selama menjadi pengawas sekolah, hampir persoalan karya tulis itu kelemahan para guru. Baik itu berupa artikel maupun buku. Padahal, idealnya budaya literasi mesti menyatu dengan pendidikan dan pembelajaran. ”Betul. Selaku pengawas, nanti kami akan mengusulkan ke pimpinan agar ada gerakan ayo menulis untuk para guru,” ujarnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son




Close Ads