alexametrics

Kemenag Tegaskan Kartu Nikah dengan Kolom 4 Istri Hoaks

25 Agustus 2021, 17:01:35 WIB

JawaPos.com–Kementerian agama menampik kabar viral di media sosial kartu nikah yang hanya mencantumkan foto suami di tampilan depan. Di foto itu, terdapat tulisan nama Kementrian Agama, bukan Kementerian Agama. Sementara di tampilan belakang, terdapat empat kolom untuk foto istri.

Kemenag menegaskan bahwa hal itu hoaks. Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin memastikan, kartu itu bukan format resmi yang diterbitkan kementerian agama.

”Kartu dengan foto suami dan empat kolom foto istri itu bukan kartu resmi yang diterbitkan kementerian agama. Itu masuk kategori hoaks karena mengatasnamakan dan menggunakan logo kementerian agama,” tegas Kamaruddin Amin melalui keterangan resmi pada Rabu (25/8).

Per Agustus, kementerian agama tidak lagi menerbitkan kartu nikah secara fisik. Pasangan pengantin yang menikah pada bulan ini akan mendapatkan kartu nikah digital.

”Kartu nikah digital terbitan kemenag menampilkan foto pasangan suami dan istri pada halaman depan, disertai keterangan nama suami, nama istri, serta tanggal akad nikah,” jelas Kamaruddin.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika




Close Ads