alexametrics

Sales Bank Duplikasi Rekening dan Pindahkan Saldo Rp 1,6 M

25 April 2021, 13:03:01 WIB

Tergiur insentif, Arif Ardiansyah membuka rekening baru menggunakan data nasabah lama. Setelah berhasil, sales bank itu memindahkan sebagian saldo di tabungan lama sebesar Rp 1,6 miliar ke rekening baru dengan nama sama. Pemilik rekening kaget karena tabungannya berkurang.

ARIF Ardiansyah mengenal Paulin Lingga Dewi Pee sebagai nasabah prioritas yang sering bertransaksi dalam jumlah besar di bank pelat merah tempatnya bekerja. Ketika itu Arif masih sebagai sales representative yang bertugas di kantor cabang Klampis. Arif kerap melayani Paulin bertransaksi sehingga mencapai target kerja dan mendapat insentif.

Saat pindah tugas ke kantor cabang Mulyosari, Arif masih ingin Paulin menjadi nasabahnya. Dia menghubungi Paulin dan menawari membuka rekening baru di kantor cabang Mulyosari. Arif meyakinkan nasabahnya itu tidak perlu repot-repot datang ke kantor cabang untuk buka rekening. Semuanya dia yang mengurus dan nasabah tinggal terima beres.

Paulin akhirnya membuka rekening baru pada Juni 2019. Semuanya diurus Arif. Paulin tinggal tanda tangan dan menyetor uangnya di rekening baru di kantor cabang Mulyosari. ”Awalnya saya setor Rp 2 miliar, tambah lagi sampai Rp 5 miliar,” ujar Paulin saat memberikan keterangan sebagai saksi dalam sidang di Pengadilan Negeri Surabaya.

Proses buka rekening baru itu lancar. Paulin memiliki rekening tabungan dengan saldo Rp 5 miliar. Sebagai hadiah dari keberhasilannya, bank memberikan insentif Rp 2 juta kepadanya. Arif yang masih berstatus karyawan kontrak termotivasi untuk bekerja lebih keras agar bisa mencapai target pekerjaan dan mendapatkan insentif lagi.

Arif punya ide curang untuk mengakali sistem bank agar mendapatkan insentif lagi dari pekerjaannya. Berselang sebulan, dia diam-diam membuka rekening baru lagi atas nama Paulin. Setelah berhasil buka rekening baru, dia memindahkan tabungan Paulin Rp 1,6 miliar dari rekening sebelumnya ke rekening yang baru saja dibuatnya tanpa sepengetahuan nasabah.

Paulin panik mengetahui uang tabungannya berkurang. Dia merasa tidak pernah bertransaksi apa pun. Perempuan itu bergegas mendatangi kantor cabang terdekat. Dari situ, dia mendapatkan informasi bahwa uang tabungannya telah dipindah ke rekening lain yang juga atas namanya melalui internet banking.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : gas/c17/eko

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads