alexametrics

Surabaya Beri Contoh, Atap Balai Kota Kini Terpasang Panel Solar Cell

21 Januari 2022, 12:15:36 WIB

JawaPos.com- Panel solar cell kini telah terpasang di atap gedung Balai Kota Surabaya, kemarin (20/1). Energi ramah lingkungan itu berkapasitas 2.000 WP. Dengan alat tersebut, pemkot berupaya menghemat penggunaan energi listrik.

Pemanfaatan panel solar cell itu menjadi langkah awal pemkot untuk menuju energi baru terbarukan (EBT). Diharapkan, ke depan seluruh investor yang membangun gedung bertingkat di Surabaya bisa memanfaatkan teknologi ramah lingkungan itu.

”Bisa menghemat listrik, menghemat air, dan mengurangi efek rumah kaca,” ucap Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Teknologi panel surya yang dipasang tersebut merupakan karya anak-anak muda Surabaya di bawah bimbingan Rektor Universitas Surabaya (Ubaya) Benny Lianto. Eri menjelaskan, pemkot berkolaborasi dengan Ubaya dalam memberikan pelatihan-pelatihan. Khususnya soft skill. ”Ini sekaligus membuka lapangan pekerjaan baru untuk anak-anak muda,” ujarnya.

Rektor Benny Lianto menjelaskan, panel solar cell yang dipasang di gedung pemkot adalah jenis teknologi terbaru. Sebab, alat tersebut tidak menggunakan sistem baterai atau on grid. Jadi, langsung terhubung ke sistem instalasi PLN.

”Sehingga lebih awet dan tidak membutuhkan biaya perawatan yang terlalu tinggi,” ucap Benny.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : mar/c7/aph

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads