alexametrics

Ayo Kurangi Sampah, TPA Jabon Sudah Setinggi Gedung 5 Lantai

Pemkab Sidoarjo Datangkan Ahli dari Jerman
15 Oktober 2021, 20:31:57 WIB

JawaPos.com- Kapasitas Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Jabon, Sudoarjo, sudah hampir 100 persen. Tinggi tumpukan sampah menjulang 25 meter. Melebihi ketinggian gedung lima lantai. Karena itu, petugas TPA pun hanya bisa memanfaatkan sisa lahan di pinggirnya. Padahal, sampah yang masuk sampai sudah berkurang tinggal sekitar 375 ton.

Solusinya, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mendorong agar tiap desa bisa memaksimalkan penanganan sampah melalui tempat pengelolaan sampah terpadu (TPST). ’’Permasalahan sampah dan penanganannya harus jadi perhatian bersama. Termasuk pemerintah di tingka desa,’’ katanya.

Pemkab berharap seluruh desa bisa segera menggelar musyawarah desa (musdes) untuk membahas penanganan sampah. Desa bisa membentuk kelompok swadaya masyarakat (KSM) yang menangani sampah. Dengan begitu, sampah bisa dipilah sebelum dikirim ke TPA Jabon.

Sejatinya, saat ini beberapa TPST yang ada sudah mengurangi 30 persen sampahnya sebelum dikirim ke TPA. TPST harus melakukan pemilahan lebih dulu. Volume sampah yang awalnya 100 persen dikirim ke TPA, kini hanya 70 persen. Ternyata, langkah itu efisien. Jika sebelumnya sampah masuk ke TPA 460 ton per hari, sekarang jumlahnya berkurang menjadi 375 ton.

’’TPST kami minta terus dioptimalkan sehingga yang ke TPA benar-benar yang sudah tidak bisa diproses di TPST,’’ ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo Sigit Setyawan.

Dalam waktu dekat, pemkab juga bakal mengoperasikan sanitary landfill. Kendati begitu, optimalisasi TPST harus terus dilakukan. ’’Desember kami targetkan sanitary landfill beroperasi,’’ katanya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c7/any




Close Ads