alexametrics
SEA Games 2019

Pindah Nomor, Atlet Indonesia Malah Mampu Pecahkan Rekor 12 Tahun

8 Desember 2019, 11:30:36 WIB

JawaPos.com-Medali emas dari atletik kemarin (7/12) diraih Sapwaturrahman. Atlet lompat jauh itu mencetak lompatan 8,03 meter. Hanya selisih 1 sentimeter dari atlet Malaysia Andre Anura yang merih perak!

Saking senangnya, setelah dikalungi bendera Merah Putih oleh tim Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), Sapwa langsung lari mengitari separo Stadion Atletik New Clark City.

Dia meluapkan kegembiraan. Hal itu memancing para penonton yang duduk di bangku terdekat dengan lapangan mencegatnya untuk berswafoto.

”Emas ini untuk kerja keras saya secara pribadi dan untuk kedua orang tua saya. Juga untuk semua orang yang saya sayang. Ini adalah emas kita. Ini adalah lompatan kita,” kata Sapwa.

Sapwa sukses memperbarui rekor SEA Games atas nama Henry Dagmil dari Filipina yang sudah 12 tahun tidak terpecahkan. Rekor lama ialah 7,87 meter. Sebenarnya Sapwa berpotensi membukukan lompatan lebih jauh, yakni 8,06 meter. Sayang, lompatan terjauhnya itu didiskualifikasi.

”Itu lompatan keenam. Sayang sekali. Lompatan ini tipis banget sama Malaysia,” ucap atlet kelahiran 13 Mei 1994 tersebut.

Ini merupakan SEA Games keempat Sapwa dan yang paling berhasil. Sebelumnya, dia tidak pernah sukses menggaet medali apa pun dalam multievent dua tahunan tersebut.

”Saya ingin mempersembahkan sesuatu, kemudian dikasih juga prestasi yang sudah saya tunggu-tunggu,” ujarnya.

Perjalanan karir Sapwa terbilang unik. Dia sebelumnya adalah pelari spesialis 100 meter. Namun, tiga tahun lalu dia pindah dan fokus berlaga di nomor lompat jauh.

Sayang, hasil manis itu gagal diikuti atlet Indonesia lainnya. Mepetnya waktu recovery membuat Agus Prayogo harus puas dengan medali perak di nomor 10.000 meter. Catatan waktunya 30 menit, 22,13 detik.

Sehari sebelumnya, Agus memeras tenaga dengan meraih emas maraton.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : Nuris Andi Prastiyo, Dipta Wahyu, dan Tyasefania Febriani dari Manila, Filipina


Close Ads