JawaPos Radar

Liga 1 2018

Kembali Bersih-Bersih Stadion, Bobotoh: Kebersihan Sebagian dari Iman

30/07/2018, 14:35 WIB | Editor: Agus Dwi W
persib bandung
Aksi bersih-bersih Bobotoh ketika melakoni away ke kandang Persebaya. (Angger Bondan/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Ada gerakan positif yang belakangan mulai sering dilakukan kalangan suporter tim-tim peserta Liga 1 2018. Salah satu di antaranya adalah aksi bersih-bersih stadion di akhir pertandingan. Sebuah sikap positif yang harus didukung penuh untuk bisa menjadi kebiasaan.

Beberapa suporter klub sepak bola Liga 1, belakangan mulai melakukan aksi bersih-bersih di stadion. Aksi bersih tersebut dilakukan saat maupun usai pertandingan.

Salah satunya suporter Persib Bandung yang telah menjadikan aksi bersih-bersih stadion jadi kegiatan rutin saat pertandingan kandang maupun away. Kegiatan ini sangat positif, sehingga patut dipertahankan dan ditularkan kepada suporter lain.

Koordinator Division Creative 93, Bobby Jaelani mengatakan aksi bersih-bersih stadion harus dijadikan kegiatan wajib. Karena selain banyak hal postifnya juga menjalankan satu perintah hadits terkait menjaga kebersihan.

"Kalau kegitan bersih-bersih, ya mungkin wajib dilakukan. Karena kebersihan sebagian dari iman," kata Bobby kepada JawaPos.com, Bandung, Sabtu (28/7).

Para Bobotoh dan tidak jarang pula suporter lawan ikut melakukan aksi bersih-bersih stadion. Namun, saat laga away melawan Persebaya Surabaya kemarin, ada sedikit kendala sehingga tidak dilakukan dengan maksimal.

"Kemarin (lawan Persebaya) tidak banyak dilakukan karena situasi di stadion tidak memungkinkan," ujarnya.

Meski demikian, saat itu sejumlah Bobotoh tetap berupaya menjaga kebersihan stadion semampu mereka. Sampah-sampah berusaha dikumpulkan dan tidak berserakan. Apalagi kala itu mereka berada di stadion milik tim lain.

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up