JawaPos Radar | Iklan Jitu

Kemenpora Dukung Pelaku Pengeroyokan Diproses Secara Hukum

24 September 2018, 20:44:40 WIB | Editor: Agus Dwi W
sesmenpora
Sesmenpora lakukan koordinasi dengan kepolisian untuk menyelesaikan kasus pengeroyokan sampai tuntas. (Bintang Rahmat/JawaPos.com)
Share this

Jawapos.com - Kemenpora berusaha menunjukkan ketegasannya terhadap peristiwa tewasnya suporter Persija. Sebab Kemenpora sudah lelah menghadapi kejadian yang terus berulang.

Salah satu langkah yang telah dilakukan Kemenpora adalah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk menangani kasus itu. Kemenpora pun mengapresiasi tindakan cepat Polrestabes Bandung yang sudah menangkap lima orang yang diduga menjadi pelaku utama pengeroyokan.

"Ini sudah menjadi perhatian nasional. Makanya kami mengapresiasi tindakan kepolisian dalam mengatasi persoalan ini. Jadi proses (hukum) silakan jalan terus," ujar Gatot S Dewabroto selaku Sesmenpora di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin (24/9).

Langkah hukum yang dilakukan merupakan peringatan kepada masyarakat lainnya, khususnya para suporter, untuk tidak melakukan hal serupa. Dia ingin masyarakat, terutama suporter, tidak main-main menyikapi peristiwa itu.

"Ini bisa menjadi pembelajaran pada umumnya, bahwa jangan main-main dengan hukum. Karena itu diatur dalam KUHP Pasal 156, 157, 160, dan 161," imbuh Gatot.

Namun, Gatot mengaku upaya ini bukan sebagai bentuk campur tangan pemerintah dalam urusan sepak bola. Tetapi lebih kepada perhatian pemerintah terhadap kasus tersebut yang telah memakan korban jiwa.

"Kami sangat berhati-hati. Kami berusaha tidak sampai menyentuh ranah yang disebutkan dalam statuta FIFA pasal 13,14, dan 17," tutupnya.

(mat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up