alexametrics

Timnas U-19 Berlatih di Indonesia Jika Gagal ke Spanyol atau Korsel

19 November 2020, 11:30:14 WIB

JawaPos.com – PSSI berupaya optimal menyiapkan timnas Indonesia U-19 untuk Piala Dunia U-20. Walau sudah punya planning akan melakukan training camp (TC) ke luar negeri, yakni Spanyol dan Korea Selatan, PSSI juga menyiapkan opsi ketiga. Yakni, TC di dalam negeri jika TC di dua negara tersebut gagal.

Hal itu dikatakan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Dia menuturkan, pihaknya memang punya tiga rencana untuk timnas U-19. ’’Kami punya plan A, plan B, dan plan C,’’ bebernya.

Plan A adalah TC ke Spanyol. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menjelaskan, Spanyol dipilih jadi yang pertama dibandingkan Korsel karena banyak pertimbangan. Salah satunya adalah masalah suhu.

’’Di Spanyol tidak sedingin Korsel. Di Korsel sekarang ini suhunya bisa di bawah 0 derajat, kasihan pemain,’’ ucapnya.

Selain itu, di Spanyol tidak ada karantina. Hal itu yang dianggap jadi poin penting dibandingkan Korsel yang mewajibkan siapa saja yang masuk ke negara tersebut wajib dikarantina selama 14 hari.

Di luar itu, Spanyol juga dipilih karena PSSI bisa memanggil pemain berdarah Indonesia yang banyak bertebaran di Eropa.

Plan B adalah Korsel. Mantan Kapolda Metro Jaya itu menuturkan, Shin Tae-yong sendiri sudah melakukan penjajakan di lokasi yang rencananya jadi tempat TC timnas U-19.

’’Tapi, kami belum mendapat approval invitation dari federasi Korsel sehingga sampai saat ini belum ada kepastian,’’ paparnya.

Nah, yang terakhir plan C. Di mana? Iwan Bule menegaskan, plan C adalah memakai salah satu stadion yang ada di Indonesia. Hal itu dilakukan jika hingga akhir bulan ini Spanyol dan Korsel belum menjawab permintaan TC timnas U-19 di sana. ’’Tapi ini kemungkinan kecil ya,’’ terangnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : rid/c17/ali



Close Ads