JawaPos Radar | Iklan Jitu

Timnas U-19 Indonesia

Prediksi Indonesia U-19 vs Arab Saudi U-19: Ujian Kesiapan Piala Asia

10 Oktober 2018, 07:49:38 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Timnas U-19, Timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri, Piala Asia U-19 2018, Arab Saudi
Timnas U-19 Indonesia menghadapi Arab Saudi sebagai persiapan berlaga di Piala Asia U-19 2018 (Dipta Wahyu/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Timnas U-19 Indonesia melakoni uji coba melawan Arab Saudi U-19, Rabu (10/10) sore WIB di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Ini sebagai persiapan untuk berlaga di Piala Asia U-19 2018 yang kebetulan Indonesia sebagai tuan rumah. Gelaran tersebut akan dihelat mulai 18 Oktober hingga 4 November mendatang.

Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri, mengatakan bahwa uji coba ini bukan mencari kemenangan. Melainkan sebagai ujian sejauh mana kesiapan para pemain untuk berlaga di Piala Asia U-19. Sejauh ini, Merah Putih sudah melakukan sejumlah uji coba. Di antaranya tampil di PSSI 88 th U-19 International Tournament pada September kemarin.

"Terpenting adalah target uji coba. Ketika kami beruji coba menghadapi Tiongkok, target yang saya bebankan adalah menguasai strategi bertahan sejak lini tengah. Pada akhirnya kami kalah karena ada dua gol dari situasi bola mati," beber Indra seperti dilansir laman resmi PSSI.

Timnas U-19, Timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri, Piala Asia U-19 2018, Arab Saudi
Foto bersama jelang Indonesia vs Arab Saudi (PSSI.org)

Indra pun mengungkapkan target dalam uji coba melawan Arab Saudi. "Target laga nanti adalah untuk merangkum semua permainan yang selama ini kami peragakan dan menerapkannya ke dalam situasi pertandingan. Ini sebagai uji kesiapan untuk tampil di Piala Asia U-19 nanti," imbuh mantan juru racik Bali United tersebut.

Hal senada diungkapan kapten Rachmat Irianto. Menurut defender Persebaya Surabaya itu mengatakan dalam laga nanti lebih fokus terhadap permainan tim sendiri. Artinya, mereka tak menggubris permainan Arab Saudi. Utamanya para pemain bisa menunjukkan kemampuan terbaik secara maksimal dan padu secara tim.

Satu hal yang tak kalah penting adalah adaptasi terhadap permainan tim dari Timur Tengah. Maklum saja, di Piala Asia U-19 nanti, Indonesia satu grup dengan Qatar dan Uni Emirat Arab, serta Taiwan. Permainan Arab Saudi tak jauh beda dengan Qatar dan UEA. Berdasar itu, Indonesia tak akan kaget ketika menghadapi keduanya di fase grup nanti.

Dalam laga nanti, Indra juga sudah menampilkan 23 pemain yang akan digunakan di Piala Asia U-19. Mereka sebagian besar merupakan skuad yang turun di Piala AFF U-19 lalu. "Inilah kerangka tim di Piala Asia U-19 nanti. Kami persiapkan secara matang," tegasnya.

Perkiraan Susunan Pemain
Indonesia U-19 (4-3-3): Muhammad Riyandi; Asnawi Mangkualam Bahar, Nurhidayat Haji Haris, Rachmat Irianto, Samuel Christianson; Muhammad Lutfhi Kamal Baharsyah, Syahrian Abimanyu, Witan Sulaiman; Saddil Ramdani, Feby Eka Putra, Muhammad Rafli Mursalim
Pelatih: Indra Sjafri

Arab Saudi U-19 (4-4-2): Abdulrahman Al-Shammari; Mohammed Al-Shanqeeti, Naif Almas, Hassan Tombakti, Khalifa Al-Dawsari; Mansour Al-Bishi, Hamed Al-Ghamdi, Turki Al-Ammar, Abdulmohsen Al-Qahtani; Firas Al-Buraikan, Abdullah Al-Hamdan
Pelatih: Khaled Al Atwi

(epr/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up