alexametrics
Prancis 3-3 Swiss (Adu penalti 4-5)

Kylian Mbappe Gagal, Kalah Adu Penalti dari Swiss, Prancis Menangis

Euro 2020
29 Juni 2021, 05:59:28 WIB

JawaPos.com – Juara Piala Dunia 2018 sekaligus unggulan di Euro 2020, Prancis, tumbang di tangan Swiss lewat adu penalti. Tersingkirnya Prancis di babak 16 besar Euro 2020 tak lepas dari kegagalan Kylian Mbappe saat adu penalti. Adu penalti dilakukan setelah selama 120 menit kedudukan tetap imbang 3-3 dalam laga di di Bucharest, Rumania, Selasa (29/6) dini hari WIB.

Mbappe menjadi satu-satunya pemain Prancis yang gagal melaksanakan tugasnya sebagai eksekutor penalti. Dan, bisa jadi bakal menghantui selama karirnya. Maklum saja, bintang Paris Saint-Germain itu menjadi satu-satunya penendang penalti yang gagal di kubu Les Bleus.

Lima penendang penalti Swiss berhasil menjebol gawang Prancis yang dijaga Hugo Lloris adalah Mario Gavranovic, Fabian Schar, Manuel Akanji, Ruben Vargas, dan Admir Mehmedi. Sedangkan empat penendang penalti Prancis yang berhasil adalah Paul Pogba, Olivier Giroud, Marcus Thuram, dan Presnel Kimpembe. Swiss unggul 5-4 dalam drama adu penalti.

Mario Gavranovic pantas disebut pahlawan Swiss. Dia memaksa Prancis melanjutkan pertandingan sampai 120 menit lewat golnya pada menit 90 sehingga membuat hasil imbang 3-3. Dalam perpanjangan waktu, skor tetap sama kuat, sehingga dilakukan adu penalti dan Swiss menjadi pemenang.

Haris Seferovic sempat membawa Swiss memimpin 1-0 sampai babak pertama berakhir lewat sundulan memanfaatkan umpan matang dari Steven Zuber. Gol tersebut tercipta saat pertandingan baru berjalan 15 menit. Itu menjadi satu-satunya gol di babak pertama, hingga turun minum skor 1-0 untuk Swiss tak berubah.

Sepuluh menit babak kedua dimulai, Swiss nyaris menggandakan kedudukan setelah mendapat penalti dari wasit Fernando Rapallini. Namun, Ricardo Rodriguez gagal memasukkan bola dari tendangan karena bola sepakannya berhasil dimentahkan dan ditangkap kiper Prancis Hugo Lloris.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Antara

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads