alexametrics
Euro 2020

Belanda Sempurna Usai Tekuk Makedonia Utara 3-0, Wijnaldum Cetak Brace

Makedonia Utara 0-3 Belanda
22 Juni 2021, 02:52:45 WIB

JawaPos.com – Belanda sempurna di Grup C Euro 2020 usai mengalahkan Makedonia Utara dengan skor 3-0, Senin (21/6) malam WIB. Kemenangan itu ditandai dengan Georginio Wijnaldum mencetak brace alias 2 gol di babak kedua.

Sebagai tuan rumah, Belanda langsung memberikan tekanan sejak menit awal. Gol yang ditunggu akhirnya datang pada menit 24 lewat Memphis Depay. Penyerang yang berkostum Barcelona mulai musim 2021-2022 itu mencetak gol lewat tendangan kaki kiri usai menerima umpan Donyell Malen.

Selebrasi gol sempat tertunda karena tinjauan VAR untuk melihat potensi pelanggaran jauh sebelum terjadinya gol yang berawal dari tekel pemain Belanda di daerah pertahanannya sendiri yang mengawali manuver Donyell Malen bersama Depay. VAR menyatakan tekel itu bersih sehingga gol Belanda sah. Bagi Depay, itu gol keduanya di pentas Euro 2020.

Georginio Wijnaldum lantas mencetak dua gol pada babak kedua. Gol yang dicetak Wijnaldum hanya berjarak 7 menit yakni pada menit 51 dan 58. Dengan tambahan dua gol, Wijnaldum telah mengoleksi 3 gol, sama dengan jumlah gol yang dicetak Cristiano Ronaldo (Portugal) dan Patrik Schick (Rep Ceska).

Belanda sendiri sudah memastikan menjadi juara Grup C setelah mengalahkan Ukraina dan Austria. Mereka akan bermain dalam babak 16 besar di Budapest, Hungaria, melawan salah satu peringkat ketiga terbaik dari Grup D, E atau F.

Makedonia Utara selalu kalah pada debutnya di turnamen Euro. Dalam pertandingan tersebut, kapten Makedonia Utara, Goran Pandev, mendapatkan penghormatan guard of honour dari rekan-rekan satu timnya ketika digantikan pada menit 69. Laga melawan Belanda memang merupakan laga terakhirnya dalam kancah internasionalnya. Pandev memutuskan pensiun dari Timnas Makedonia Utara.

Makedonia Utara 0-3 Belanda
(Depay 24, Wijnaldum 51, 58)

SUSUNAN PEMAIN
Makedonia Utara: Stole Dimitrievski; Stefan Ristovski, Visar Musliu, Darko Velkoski, Ezgjan Alioski; Arijan Ademi (Nikolov 79′), Enis Bardhi (Stojanovski 78′); Ivan Trickovski (Churlinov 56′), Eljif Elmas, Aleksandar Trajkovski (Hasani 69′); Goran Pandev (Kostadinov 69′)
Pelatih: Igor Angelovski

Belanda: Maarten Stekelenburg; Daley Blind, Matthijs de Ligt, Stefan de Vrij (Timber 46′); Patrick van Aanholt, Ryan Gravenberch, Georginio Wijnaldum, Frenkie de Jong (Gakpo 79′), Denzel Dumfries (Berghuis 46′); Memphis Depay (Weghorst 66′), Donyell Malen (Promes 66′)
Pelatih: Frank de Boer

Editor : Edy Pramana

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads