alexametrics

Pakar SEO Bagikan Tips untuk Para UMKM Agar Sukses Jualan di Internet

14 April 2022, 15:38:59 WIB

JawaPos.com – Hampir seluruh aktivitas sudah beralih secara online dan digital, apalagi sejak pandemi Covid-19 mengubah kebiasaan seluruh dunia. Mulai dari kegiatan belajar mengajar sampai sirkulasi bisnis, semua beralih ke ranah digital.

Usaha mikro kecil menengah (UMKM) pun termasuk sektor yang harus beradaptasi dengan era digital jika ingin terus bernapas. Para pedagang mau tak mau memelajari strategi memasarkan produk di internet.

Salah satu cara paling baik dalam memasarkan produk di internet adalah dengan memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO). SEO sendiri dewasa ini dikenal sebagai sebuah sistem yang bisa mengoptimalkan situs di beragam search engine.

Memaksimalkan kata kunci adalah tujuan utama dari SEO di dunia pemasaran digital. Dengan memanfaatkan kata kunci tersebut, sebuah situs bisa muncul di halaman pertama mesin pencari, dan menjawab apa pun pertanyaan atau informasi yang dibutuhkan.

Pentingnya peran SEO pun membuat para pegiat teknologi informasi kini berlomba-lomba menawarkan jasa tersebut. Salah satunya adalah Marsuki, pakar SEO yang sudah malang melintang membantu para pegiat UMKM.

Marsuki menjelaskan, SEO dapat membidik target marketing sesuai harapan pengguna jasanya. Menurutnya, target pemasaran dapat didapat dengan meningkatkan hasil urutan peringkat di mesin pencarian.

“Kalau itu semua dilakukan dengan efektif, pemasaran produk di internet akan membuat usaha jadi lebih mudah,” kata Marsuki.

Marsuki menuturkan, bila SEO pemasaran produk sudah berjalan dengan lancar, pelaku UMKM tak perlu lagi repot memasarkan produknya karena pemasaran sudah berjalan secara sendirinya.

“Karena peluang visitor dengan adanya optimasi SEO semakin tinggi. Apabila peringkat website UMKM urutan situs semakin di atas, maka pengunjung akan semakin melirik produk bisnis para UMKM itu,” tuturnya.

Marsuki menuturkan, untuk melakukan itu, pengguna wajib menguasai semua dasar dan teknik digital marketing.

“Setelah mencobanya, kemudian Anda bisa minta penilaian dari kerabat, kenalan, atau saudara terlebih dahulu untuk mengasah kemampuan. Hasilnya nanti bisa jadi portofolio Anda untuk mendapatkan lebih banyak klien,” kata Marsuki.

Dijelaskan Marsuki, untuk bisa mengetahui kata kunci yang tepat dan paling banyak digunakan para pengguna internet, pengguna harus paham teknik SEO dan riset kata kunci.

“Ada banyak tools yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian kata kunci, namun tetap saja Anda harus paham dulu SEO dasar. Setelahnya, SEO akan membantu website bisa ditemukan dengan mudah di halaman pencarian search engine,” kata Marsuki.

Editor : Banu Adikara

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads