alexametrics

PAN Masuk Koalisi Jokowi, PKB: Memang Lebih Baik Bersama-sama

27 Agustus 2021, 17:03:06 WIB

JawaPos.com – Partai Amanat Nasional (PAN) resmi masuk dalam koalisi partai pendukung pemerintah. Hal ini setelah elite partai tersebut diundang ke Istana Merdeka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berdiskusi.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan bahwa sebenarnya koalisi ini lebih menyangkut pertemanan. Diharapkan bergabungnya PAN membuat koalisi semakin kompak.

“Apalagi sekarang keadaan kita sedang sulit, pemerintahan menghadapi Covid-19 ini memang tidak mudah makanya butuh kekompakan dan dukungan dari berbagai pihak,” ujar pria yang akrab disapa Gus Jazil kepada wartawan, Jumat (27/8).

Gus Jazil menuturkan, PKB tidak mempermasalahkan dengan bergabunya PAN di dalam kabinet. Karena pemerintah juga membutuhkan dukungan dari partai pada situasi pandemi Covid-19 saat ini.

“Ya mau tidak mau PAN memang harus masuk. Kami dari awal memang sebaiknya PAN lebih baik bersama-sama. Bagi PKB, dari awal tidak pernah cari musuh. Bagi PKB, seribu teman itu terlalu sedikit, satu musuh terlalu banyak,” ungkapnya.

Wakil Ketua MPR RI ini menuturkan, seiring berakhirnya masa jabatan Jokowi dan Ma’ruf Amin pada 2024, kepala negara ingin kondisi masyarakat, kondisi sosial ekonomi ini pulih menjelang berakhirnya kepemimpinan.

“Makanya masyarakat saya yakin mestinya memberikan apresiasi dukungan terhadap silaturahim yang dilakukan para elite parpol koalisi di Istana Negara,” ungkapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate menyebut PAN telah resmi bergabung dengan koalisi pemerintahan. Hadirnya PAN akan menambah gagasan dan ide bagi pemerintah.

“Sahabat baru kami dalam koalisi (PAN-Red) maka semakin memperkuat dan memperkaya gagasan dan pandangan serta ide-ide baru dalam rangka melanjutkan pemerintahan dan mengisi demokrasi Indonesia,” ujar Johnny.

Johnny menuturkan semua ketua umum partai politik pendukung pemerintah menyambut baik bergabungnya PAN ke dalam pemerintahan Jokowi dan Ma’ruf Amin.

“Kita berharap setelah PAN bergabung (ke koalisi pemerintah-Red) semakin banyak gagasan yang beragam bagi jalannya pemerintahan,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut, Johnny menuturkan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi karena telah diundang dan diajak bergabung dalam koalisi. PAN juga siap memberikan masukan-masukan yang diperlukan bagi pemerintah.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads