JawaPos Radar

7 Bulan Jadi Mensos, Segini Pertumbuhan Harta Kekayaan Idrus Marham

24/08/2018, 18:56 WIB | Editor: Ilham Safutra
7 Bulan Jadi Mensos, Segini Pertumbuhan Harta Kekayaan Idrus Marham
Petugas di Kemensos mengangkut barang-barang Idrus Marham ke kardus. (FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS)
Share this

JawaPos.com - Selama tujuh bulan menjabat menteri sosial, aset Idrus Marham mengalami perubahan. Akan tetapi pertumbuhannya tidak begitu konkret. Sebab sebelumnya menjadi menteri sosial, Idrus Marham terakhir kali melaporkan harta kekayaan Direktorat LHKPN Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 29 Desember 2009.

Lantas kembali melapor LHKPN pada 8 Mei 2018 dan disahkan pada 13 Agustus 2018. Dalam pelaporan tersebut disebutkan Idrus Marham menjabat sebagai Menteri Sosial memiliki harta kekayaan sebesar Rp 25,7 Miliar.

Angka meningkat drastis jika dibandingkan dengan aset Idrus sebelum menjadi menteri sosial. Sebelum jadi mensos, Idrus terakhir kali melakukan pelaporan LHKPN pada 29 Desember 2009. Ketika itu di laman https://acch.kpk.go.id/aplikasi-lhkpn/, kekayaan Idrus yakni Rp 9,5 miliar dan USD 40.000.

7 Bulan Jadi Mensos, Segini Pertumbuhan Harta Kekayaan Idrus Marham
Mantan Menteri Sosial Idrus Marham (Charlie Lopulua/Indopos/Jawa Pos Group)

Lebih jauh untuk rincian aset mantan Sekjen Partai Golkar itu per 13 Agustus 2018 sebagai berikut. Di antaranya ada harta berupa tanah dan bangunan senilai Rp 22,4 Miliar. Sejumlah tanah dan bangunan yang dimilikinya berada di Kota Bogor, sementara beberapa lainnya berada di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Jakarta Timur.

Untuk alat transportasi dan mobil, nilai harta yang miliki Idrus mencapai Rp 2 Miliar lebih. Adapun jenis kendaraan yang dimilikinya adalah mobil Nissan Infinity tahun 2015, mobil Nissan Pajero tahun 2015.

Dalam laporan itu juga, politisi Golkar mempunyai harta kas setara kas Rp 1,6 Miliar. Namun, dia tercatat tak punya harta bergerak lainnya dan surat berharga. Selain itu, dia juga tercatat punya hutang sebesar Rp 388 juta.

Jika dibandingkan dengan rincian kekayaan Idrus per 29 Desember 2009 terdiri atas harta tak bergerak berupa tanah dan bangunan senilai Rp 7,9 miliar yang tersebar di sejumlah lokasi. Di antaranya di Kabupaten Bogor, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Makassar.

Selain itu, politikus Golkar kelahiran Sulawesi Selatan itu juga memiliki lima mobil mewah yakni Toyota Harrier, Toyota Vellfire, Marcedes Benz, BMW X5. Jika dijumlah totalnya mencapai Rp 800 juta.

Adapun harta bergerak lainnya yang Idrus punya yaitu, berupa logam mulia dan batu mulia yang seluruhnya senilai Rp 155 juta.

(ipp/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up