alexametrics
Pilkada Serentak 2020

Gibran Makin Dominan, Gus Ipul Masih Pikir-Pikir

13 Agustus 2020, 11:09:31 WIB

JawaPos.com – Dominasi putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, menjelang pilwali Solo makin tak tersaingi. Setelah rekomendasi turun dari PDIP, kemarin giliran PAN dan Golkar yang memberikan rekomendasi dukungan.

Gibran yang datang bersama pasangannya, Teguh Prakosa, menerima surat keputusan (SK) rekomendasi langsung dari Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan. Penyerahan SK dilakukan terpisah.

Gibran-Teguh lebih dulu datang ke Kantor DPP Golkar di Jalan Anggrek Neli Murni, Jakarta Barat.

Setelah itu, keduanya bertandang ke rumah dinas Zulkifli Hasan di kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Gibran mengakui, dukungan dari Golkar dan PAN membuat pihaknya lebih percaya diri untuk memenangi kontestasi. ’’Kerja sama dari partai politik ini tentu menambah kekuatan kami,’’ kata Gibran setelah menerima dukungan PAN di Jalan Widya Chandra kemarin.

Dia menyatakan, banyaknya dukungan parpol merupakan amanah dan tanggung jawab besar. Dia berjanji, jika menang pilwali, dukungan politik itu dijadikan modal untuk kemajuan Kota Solo. ’’Saya maju untuk mengabdi dan memajukan Kota Solo,’’ imbuhnya.

Baca juga: PDIP Restui Kerabat Jokowi dan Prabowo Bertarung di Pilkada

Meski hampir semua partai melabuhkan dukungan kepadanya, Gibran tidak berharap muncul calon tunggal di pilkada Solo. Dia juga menampik akan melawan kotak kosong. Sebab, tutur dia, sejauh ini sudah ada pasangan calon independen yang berjuang mengumpulkan dukungan warga. ’’Jangan tiap hari ngasih narasi negatif soal kotak kosong,’’ tegasnya.

Dia meminta media untuk tidak selalu memojokkan dirinya karena sudah memborong dukungan parpol. ’’Teman-teman media coba ke Solo. Kalau terbukti tidak ada kotak kosong, bagaimana?’’ sambungnya. Namun, siapa pun lawannya nanti, Gibran tidak akan memandang remeh. Sebab, calon yang muncul pasti selalu memiliki basis dukungan rakyat. ’’Siapa pun lawannya, kami siap tempur,’’ tandas putra sulung Presiden Jokowi itu.

Zulkifli Hasan mengaku sudah lama melirik Gibran untuk maju dalam Pilkada Solo 2020. Dukungan itu, kata dia, disampaikan sejak lima bulan lalu kepada DPD PAN Solo. Namun, dukungan teknis baru diberikan kemarin. ’’Sebelum PDIP memutuskan, kami sudah putuskan lima bulan lalu,’’ ungkapnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : mar/aph/c19/oni



Close Ads